HTTP Status[404] Errno [0]

Di PHK, 60 Eks Karyawan Demo PT.MSM

02 December 2012 11:03
Di PHK, 60 Eks Karyawan Demo PT.MSM
Karyawan PT Multi sari Makassar (PT MSM) berunjuk rasa dan membangun tenda-tenda di sekitar lokasi perusahaan di KIMA 14 kavaleri SS 12, sambil menunggu sikap pimpinan perusahaan.(foto : rusli/BugisPos.com)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Karyawan PT Multi sari Makassar (PT MSM) berunjuk rasa dan membangun tenda-tenda di sekitar lokasi perusahaan di KIMA 14 kavaleri SS 12, sambil menunggu sikap pimpinan perusahaan.(foto : rusli/BugisPos.com)

BugisPos — Sebanyak 60 orang eks karyawanPT Multi Sari Makassar (MSM) melakukan aksi unjuk rasa terhadap manajemen perusahaan. Aksi yang mereka lakukan sudah memasuki hari ke-20, tapi persoalan yang terjadi antara eks karyawan PT Multi Sari Makassar (MSM) belum menemui kesepakatan.

 Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada solusi yang saling menguntungkan kedua pihak, baik perusahaan dan eks karyawan. Padahal masalah tersebut telah dimediasi langsung Kapolsek Biringkanaya, Komisaris Polisi Akbar.

 Awal permasalahn terjadi saat pimpinan perusahaan menghimpun karyawan dan keluarga besar karyawan dalam suatu wadah yang dinamakan Ikatan keluarga Karyawan (IKK). Dengan adanya wadah bentukan perusahaan tersebut, karyawan menganggap aturan-aturan kerja dibuat sangat ketat.

 Karyawan menilai wadah organisasi IKK bentukan perusahaan membatasi ruang gerak karyawan. Atas dasar itulah, karyawan sepakat membentuk juga organisasi buruh yang baru yakni Serikat Pekerja Buruh Indonesia (SPBI),PT.MSM yang diketuai Edward Rossi.

 Karyawan yang telah membentuk organisasi SPBI menyurati pimpinan perusahaan tanggal 19 Nopember 2012 sebagai bentuk penyampaian pembentukan organisasi pekerja di lingkungan PT MSM. Namun pihak perusahaan tidak sejalan dengan pemikiran para karyawan, yang akhirnya berbuntut sebanyak 60 orang langsung diberhentikan kerja secara sepihak  (PHK).

 Sebagai bentuk aksi unjuk rasa karyawan yang telah di-PHK sepihak oleh perusahaan, 60 orang karyawan tersebut membuat tenda-tenda, layaknya tenda perkemahan. Tenda-tenda yang dibangun karyawan mengambil lokasi di sekitar perusahaan PT. MSM di Kima 14 Kavelri SS 12.

Kapolsek Biringkanaya, Kompol Akbar mengakui dirinya telah melakukan upaya mediasi untuk mempertemukan kedua belah pihak. Tapi kata perwira polisi berpangkat satu bunga melati ini, belum ada keputusan yang diberikan pimpinan perusahaan terhadap karyawan.

“Saya yang memediasi namun sampai saat ini belum ada deal dari pihak perusahaan PT. MSM tersebut,” ujar Akbar.(rusli/gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya