HTTP Status[404] Errno [0]

Arung Palakka, Cucu Sultan Adam Petta Matinroe ri Bantaeng

04 December 2012 01:25
Arung Palakka, Cucu Sultan Adam Petta Matinroe ri Bantaeng
Lukisan Arung Palakka
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Lukisan Arung Palakka

BugisPos — Arung Palakka, adalah Raja Bone yang sangat popular namanya sampai sekarang. Setiap nama Bone disebut dimana-mana, maka yang akan muncul adalah pencitraan sosok Arung Palakka. Sosok raja yang satu ini, kesohorannya ditandai atas keberaniannya melawan kerajaan Gowa dalam upaya membebaskan rakyat Bone dari penjajahan kerajaan Gowa.

Dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Bone dari penjajahan kerajaan Gowa, Arung Palakka mendapat bantuan pihak kolonial Belanda. Karena itulah, pahlawan tanah Bone ini pun dianggap sebagai penghianat bangsa oleh lawan-lawan seterunya. Padahal sesungguhnya, dia adalah seorang pejuang – pejuang bagi bangsanya di kerajaan Bone yang sedang tertindas oleh penjajahan bangsa Gowa. Dan ketika itu, sesungguhnya belum dikenal adanya perjuangan untuk bangsa Indonesia. Yang terjadi ialah, perjuangan di masing-masing kerajaan untuk mempartahankan posisi wilayahnya, sedang Belanda, sangat pandai mencari kesempatan membantu pihak yang lemah, dengan konsep adu-dombanya yang sangat licik.

Seperti ditulis oleh Drs.A.Sultan Kasim dalam bukunya berjudul “Arung Palakka Dalam Perjuangan Kemerdekaan Kerajaan Bone’, sebagaimana dikutip Wanua Ugi ; Arung Palakka lahir pada tahun 1635 di desa Lamatta (Mario Riwawo, Soppeng). Ayahnya bernama La Pottobune, Arung Tanah Tengnga dan Datu Lompulle. Ibunya bernama We Tenrisui, Datu Mario Riwawo.
We Tenrisui adalah puteri Raja Bone XI, La Tenrirua Sultan Adam Matinroe ri Bantaeng. Dengan demikian, Â Arung Palakka adalah seorang pangeran Bone menurut garis ibu, sehingga dia juga berhak mewarisi tahta Kerajaan Bone.
Nama Arung Palakka cukup banyak, sehingga bila dirangkaikan dalam satuan baris, menjadi panjang. Setiap kata nama Arung Palakka, mengandung makna yang berkaitan dengan peran perjuangan sehingga perlu dijelaskan. Nama kecilnya La Tenritata Towappatunru, artinya tak dapat dibatasi kemauannya dan orang yang menundukkan. Gelarnya sebagai Raja Palili di Soppeng “Datu Mario Riwawo”, diberikan oleh ibunya semasa tinggal di lingkungan kerajaan Gowa, an nama panggilannya adalah Daeng Serang.

Arung Palakka artinya raja di Palakka. Dia dinobatkan oleh Hadat Tujuh Bone menjadi raja di Palakka pada tahun 1660, seusai berkonsultasi dengan Jennang Tobala untuk melakukan perlawanan terhadap Gowa. Nama julukannya yang terkenal di kalangan masyarakat Bone ialah “ Malampee Gemme’na Petta Torisompae”, artinya yang panjang rambutnya dan raja yang disembah. Nama julukannya tersebut mencerminkan keberadaan rambut Arung Palakka yang sangat panjang, karena selama dalam perjuangan melawan Gowa (1660-1667), dia tidak pernah memotong rambutnya, sehingga sangat panjang. Rambutnya selama itu baru dipotong setelah perjuangannya behasil memerdekakan Bone. Rambutnya yang dianggap bertuah itu masih disimpan di dalam bak kaca sampai sekarang bersama-sama dengan benda-benda “arajang” Kerajaan Bone. Nama Islamnya Sultan Saaduddin. Nama anumertanya ialah Matinroe ri Bontoala. Jadi nama lengkapnya iaah ; “La Tenritata Towappatunru Daeng Serang Datu Mario Riwawo Arung Palakka Malampee Gemme’na Petta Torisompae Matinroe ri Bontoala”. Bahkan masih beberapa lagi nama gelarannya sebagai raja dari suatu kerajaan Palili, misalnya : Datu Pattiro, Raja Bantaeng, Datu Lamuru, dan lain-lain.
Namun namanya yang popular dalam sejarah ialah Arung Palakka, yang artinya Raja di Palakka. Palakka adalah kerajaan Palili (kerajaan otonomi) dalam wilayah kerajaan Bone.
Menurut tradisi Kerajaan Bone, bahwa yang berhak menjadi raja di Palakka, berhak pula menjadi raja di Bone, namun tidak semua Raja Bone pernah menjadi raja di Palakka. Berdasarkan garis keturunan tersebut, Arung Palakka adalah seorang pangerang Bone dan Soppeng, sehingga dia dipandang sebagai seorang tokoh sentral dan representative, yang mimiliki legitimasi untuk memimpin perjuangan merebut kemerdekaan Bone dan Soppeng dari kekuasaan kerajaan Gowa (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya