HTTP Status[404] Errno [0]

LPM Akan Dapat Dana Hibah Rp7,5 Miliar

06 December 2012 02:49
LPM Akan Dapat Dana Hibah Rp7,5 Miliar
Ibrahim Saleh

BugisPos — Sedikitnya 143 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat se-Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan mendapatkan dana hibah Rp50 juta per LPM dengan total dana Rp7,5 miliar.
“Tiap LPM akan diberikan dana segar Rp50 juta, atau sekitar Rp7,5 miliar. Dana itu sengaja diajukan Walikota guna peningkatan ketahanan ekomomi rumah tangga,” kata kepala Bappeda Kota Makassar Ibrahim Saleh di Makassar, Rabu 5/12/12

Ia menyebutkan, penyaluran dana tersebut masih akan diajukan ke tingkat DPRD Makassar guna dimasukkan dalam APBD 2013 dalam alokasi belanja tidak langsung Rp910 miliar lebih secara keseluruhan.

“Program ini baru digagas Walikota untuk 2013, sebelumnya tidak pernah dilakukan. Beliau melihat bantuan dana hibah ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk meningkatkan perekonomiannya,” katanya seperti dirilis Antara News.

Menurut dia, apabila program ini diangap berhasil meskipun progres mencapai 75 persen, akan ditambah menjadi Rp100 juta pada APBD berikutnya. Namun, tentu saja pengawasan tetap dilakukan masyarakat apakah LPM itu sehat atau tidak.

“Pembagiannya 50:50 disalurkan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), yang pasti pengawasan dilakukan masyarakat apakah dalam perjalannnya ada perkembangan atau tidak, kalau tidak baik masyarakat pasti menilai apakah orang-orang di LPM itu layak dipakai atau harus diganti,” ungkapnya.

Ibrahim menambahkan, usulan pemberian dana hibah itu berasal dari bawah pada Musrembang, dan mendapat apresiasi Walikota Makassar untuk ditindaklanjuti karena dinilai mampu mengangkat perekonomian rakyat kecil.

“LPM nantinya mengelola dana tersebut, pengurus LPM akan diberikan biaya operasional Rp5 juta per LPM per tahun, kalaupun ada pengurus LPM yang bermain, masyarakat akan menilainya,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menyatakan program pemberian bantuan dana ke LPM itu dilakukan berdasarkan hasil Musrenbang di setiap kelurahan (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya