HTTP Status[404] Errno [0]

Jadi Tersangka, 4 Kandidat Pengganti Andi Mallarangeng Tersangka

08 December 2012 01:08
Jadi Tersangka, 4 Kandidat Pengganti Andi Mallarangeng Tersangka
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Andi Alfian Mallarangeng sebagai tersangka kasus Hambalang, Senin (3/12/2012).
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Andi Alfian Mallarangeng sebagai tersangka kasus Hambalang, Senin (3/12/2012).

BugisPos — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Andi Alifian Mallarangeng sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pusat olahraga di Hambalang sejak Senin, (3/12/2012).

Andi Alifian pun telah mengundurkan diri dari jabatannya selaku Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus sekretaris dewan pembina Partai Demokrat. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengaku prihatin dengan peristiwa tersebut.

“Saya mengapresiasi dan mendukung langkah Pak Andi Mallarangeng untuk berkonsentrasi menghadapi proses hukum,” kata Anas dalam siaran pers, Jumat (7/12/2012), sebagaimana dirilis Tribun News.com.

Menurut Anas, Andi merupakan satu di antara kader terbaik dan kader kebanggaan Partai Demokrat. Terlebih selama ini, lanjut Anas, Andi menunjukkan dedikasi dan prestasi besar bagi kemajuan partai.

Pada kesempatan sama, Anas dan partainya tak akan melakukan apapun yang dapat mengganggu kelangsungan penyidikan. Ia justru mempercayakan kepada proses hukum yang berlaku.

“Kami percaya proses hukum yang jujur dan adil akan memberi kepastian hukum dan keadilan,” kata Anas.

Seperti diketahui, Andi ditetapkan jadi tersangka oleh KPK lantaran diduga menyalahgunakan kewenangan sebagai kuasa pengguna anggaran di Kemenpora, dalam proyek Hambalang.

Menurut Ketua KPK, Abraham Samad, konstruksi sangkaan terhadap Andi sama seperti konstruksi hukum pada tersangka Pejabat Pembuat Komitmen Hambalang, Deddy Kusdinar.

Andi disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Yahoo News.com, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, terhitung mulai tanggal 7 Desember 2012.

Presiden SBY Setujui Pengunduran Diri Menegpora

Sebagaimana dikutip dari yahoo news.com, menurut Presiden SBY, dalam konferensi persnya di Istana Negara, ada tiga alasan yang diajukan Andi Mallarangeng pada pengunduran dirinya. Pertama, dengan mendapat status tersangka, Andi merasa tak akan bisa menjalankan tugasnya sebagai Menpora dengan baik.

Kedua, dengan tidak efektifnya kerja dia sebagai Menpora, tentu akan mengganggu kerja Kabinet Indonesia Bersatu II dan dikhawatirkan juga memberikan beban pada Presiden serta kabinet.

Selain itu, menurut Presiden SBY, Andi Mallarangeng ingin berkonsentrasi menghadapi permasalahan hukum kepada yang bersangkutan.

“Setelah mendengarkan dengan seksama dan membaca permohonan pengunduran diri, maka saya menerima dan menyetujui usulan pengunduran diri itu. Saya simak dan baca betul alasan yang disampaikan oleh Menpora dan sekaligus saya memberikan penghargaan serta penghormatan atas sikap yang diambil saudara AM untuk mengundurkan diri sebagai Menpora dengan alasan yang diajukan tadi,” ujar Presiden SBY.

Presiden SBY juga mengapresiasi prestasi Andi Mallarangeng selama menjadi Menpora.

“Pada prinsipnya saudara Andi Mallarangeng, sudah mengemban tugas dengan baik, tentu ada tantangan yang dihadapi, tapi tak sedikit pula prestasi dan hasil nyata yang dicapai, salah satu contohnya adalah direbutnya kembali kejuaraan SEA Games oleh Indonesia,” kata Presiden lagi.

Selama ini, Indonesia hanya berada di peringkat tengah atau bawah dalam perolehan medali emas SEA Games. “Dengan ini semua, tentu saya berharap hukum ditegakkan dengan benar dan adil di negara ini.”

Sebelum mengangkat Menpora baru, Presiden SBY akan menugaskan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono untuk menjalankan tugas sebagai Menpora. Andi Mallarangeng juga sudah menyampaikan permintaan mundur dari kepengurusan Partai Demokrat meski tetap menjadi anggota, dan permohonan ini juga sudah disetujui oleh Presiden SBY.

4 Kandidat Pengganti Andi Alfian

Sejak Andi Alfian Mallarangeng mengundurkan diri sebagai Menpora dalam kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, pertanyaannya sekarang, siapakah yang bakal mengisi kursi kosong Menteri Pemuda dan Olahraga ?

Sumber informasi di lingkaran Istana Negara seperti dikutip dari Tempo.co mengatakan setidaknya ada dua nama yang dijagokan menggantikan Andi Mallarangeng. Mereka adalah mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo, anggota DPR dari Partai Demokrat Khatibul Umam Wiranu, Staf Khusus Presiden Felix Wanggai, sampai kader Demokrat Ruhut Sitompul.

“Ini juga bisa diserahkan ke Golkar, bisa jadi bargaining politik dengan Golkar,” kata sumber itu.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok mengaku tak tahu siapa pengganti Andi. Ia menjelaskan, partainya tak pernah mengajukan nama calon menteri.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya