HTTP Status[404] Errno [0]

Guru Tersertifikasi di Makassar Belum 50 Persen

09 December 2012 06:01
Guru Tersertifikasi di Makassar Belum 50 Persen
Mahmud BM
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Mahmud BM

BugisPos — Guru yang tersertifikasi di Kota Makassar masih belum mencapai 50 persen, karena jumlahnya masih 7.560 orang dari 16.175 total guru yang tersebar di 14 kecamatan di Makassar.
“Kuota yang diperoleh dari pusat setiap tahunnya cukup terbatas yakni sekitar 1.000 orang, sehingga masih banyak guru yang belum tersertifikasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Mahmud BM di Makassar belum lama ini.

Dengan demikian, lanjut dia, untuk dapat mengikutkan semua guru di Makassar tersertifikasi, maka diprediksi baru dapat rampung 2020.

Menurut dia, kuota yang disiapkan per tahun tidak sebanding dengan jumlah guru yang ada, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memberikan semua kesempatan kepada guru tersertifikasi.

Sementara dari segi pemberian insentif bagi guru yang sudah tersertifikasi, dia mengatakan, juga mengalami kelambanan pencairan dana, kalaupun ada jumlahnya tidak menutupi semua kebutuhan dana insentif tersebut.

“Kecenderungan keterlambatan dana tunjangan sertifikasi guru ini, cukup membebani anggaran Pemkot Makassar, karena harus menalangi terlebih dahulu,” katanya seperti dirilis Antara News

Sebagai gambaran, lanjut dia, jumlah yang dialokasikan dari pusat untuk tunjangan sertifikasi guru per triwulan hanya Rp46,5 miliar, sedangkan dana yang dibutuhkan untuk membayar guru yang tersertifikasi sebanyak Rp54 miliar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kadis Pendidikan Makassar berharap agar kekurangan dana tunjangan sertifikasi guru itu segera dibayarkan pada 2013, sehingga dapat menutupi keuangan daerah yang telah digunakan untuk menalangi pengalokasian dana tunjangan sertifikasi guru itu (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya