HTTP Status[404] Errno [0]

Serahkan DIPA 2013, Presiden SBY Kecewa 4 Gubernur tak Hadir

11 December 2012 08:27
Serahkan DIPA 2013, Presiden SBY Kecewa 4 Gubernur tak Hadir
Presiden SBY merasa kecewa 4 gubernur tak hadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013, di Istana Negara, Senin (10/12/2012), termasuk diantaranya Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Presiden SBY merasa kecewa 4 gubernur tak hadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013, di Istana Negara, Senin (10/12/2012), termasuk diantaranya Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

BugisPos — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak kecewa dan marah besar terhadap ulah sejumlah gubernur yang tidak hadir tanpa alasan jelas pada acara penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2013, di Istana Merdeka, Jakarta,  Senin, (10/12/2012), termasuk diantaranya Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

“Kalau sakit bisa diterima, tetapi kalau ada acara di daerahnya dan kemudian tidak datang saya tidak bisa terima,” kata SBY saat memberikan pengarahan kepada para gubernur, menteri, dan kepala badan yang hadir.

Dalam penyerahan DIPA 2013, selain Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang tidak hadir, juga Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Sumatera Selatan Alex Nurdin, dan Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani.
Sebelumnya, sebagaimana dirilis FAJAR online, Presiden SBY telah memerintahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk menghadirkan seluruh gubernur mengingat acara tersebut sangat penting karena menyangkut keuangan dan rencana pembangunan tahun depan. Namun kenyataannya ada empat gubernur yang diketahui tidak hadir dalam acara tersebut.
“Sebelum saya menyampaikan sambutan, pengarahan, saya minta kepada Mendagri untuk menghadirkan semua pejabat di acara yang penting ini,” kata SBY.
 Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai acara mengatakan segera mengecek alasan keempat gubernur ini yang tidak hadir dan mendelegasikan kepada wagub.
Menurutnya, teguran ini bukan yang pertama, karena pada dua tahun lalu Presiden pernah melakukan peringatan pada acara yang sama.
“Kali ini presiden menegur empat kepala daerah yang tidak datang. Kalau Gubernur Kepri beliau baru operasi lehernya. Akan kita cek alasan gubernur yang lainya,” katanya.
Gamawan mengatakan gubernur seharusnya menghormati undangan yang diberikan.
“Bukankah gubernur juga akan sangat kecewa juga jika mengundang bupati dan yang diundang tidak datang,” ucap Gamawan.
Syahrul Berduka
Tidak hadirnya Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pada penyerahan DIPA di Istana, kemarin, karena menghadiri pemakaman KH Marwan Aidid. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu tidak lain mantan suami saudara tertua Syahrul, Tenri Olle Yasin Limpo.
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara itu tutup usia di Sultra, Minggu, (9/12/2012). Jenazahnya dimakamkan di Cikoang, Kabupaten Takalar, Senin, (10/12/2012) dan turut dihadiri Syahrul Yasin Limpo.
Syahrul telah diagendakan terbang ke Jakarta untuk menghadiri penyerahan DIPA, kemarin. Hanya saja, dia terpaksa membatalkan agenda tersebut dan memilih menjemput jenazah KH Marwan Aidid di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebelum ke Takalar.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang yang didelegasikan untuk menerima DIPA mengaku dimintai keterangan alasan ketidakhadiran Syahrul oleh presiden.
“Saya sampaikan gubernur sedang berduka dan menghadiri pemakaman suami kakaknya,” beber Agus.
Setelah memberikan penjelasan, kata Agus, Presiden SBY bisa memahami ketidakhadiran Syahrul dan langsung menyerahkan dokumen DIPA. (gafar)
Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya