HTTP Status[404] Errno [0]

Antisipasi Bencana, BPBD Makassar Perkuat Armada

14 December 2012 01:04
Antisipasi Bencana, BPBD Makassar Perkuat Armada
Mobil Rescue
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Mobil Rescue

Mobil Rescue

BugisPos — Badan Penanggulan Bencana Kota Makassar memperkuat armada operasional dengan satu unit mobil Rescue serta dua unit motor trail. Tambahan armada ini merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat yang diterima langsung Kepala BPBD kota Makassar, M. Ismoenandar, di Jakarta, kamis ( 13/12 ).
“Alhamdulillah, bantuan ini semakin menambah kesiapan kami dalam menghadapi setiap bencana yang terjadi di kota kita. Mobil Rescue memang sangat kami butuhkan dalam mengangkut peralatan logistik serta kelengkapan lainnya menuju lokasi. Yang kami punya ini termasuk yang terbaik, selain kemampuan jelajah, mobil ini juga memiliki kecepatan untuk bergerak ke medan bencana dalam memberi pertolongan ” ujar Ismoenandar sesaat setelah menerima bantuan.

Selain mobil rescue, BNPB pusat juga menyerahkan dua unit motor trail untuk operasional lapangan.

“Kalau motor trail, lebih pada upaya untuk menjangkau lokasi bencana yang susah diakses kendaraan roda empat ” lanjutnya.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB,
Dewina nasution kepada Ismounandar.

” Kami ingin Makassar menjadi sentra penanggulan bencana di kawasan Timur Indonesia, makanya kota ini harus jauh lebih siap. Tentunya dengan tambahan kendaraan operasional ini, efek bencana semakin bisa di minimalisir, termasuk jumlah korban ” ujar Dewina saat memberikan bantuan.

Ismounandar menjelaskan bahwa saat ini BPBD kota Makassar memiliki 35 personil yang secara bergantian stanby di posko dengan kewaspadaan penuh.
“Selama 24 jam anggota kami bersiaga di posko dengan kewaspadaan penuh. Informasi sekecil apapun segera kami respon untuk meminimalisir segala kemungkinan ” ungkapnya.
Di kota Makassar, menurut Ismunandar, bencana yang paling sering terjadi yakni Kebakaran, anging puting beliung, genangan hingga banjir.

Sementara itu, Ir.Muhammad Danibal, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Kota Makassar menguraikan sejumlah peralatan yang saat ini di miliki unit kerjanya, yakni satu unit perahu karet lengkap dengan mesin.
”Selain bantuan tersebut, k ami juga sudah memiliki satu unit tangki air minum kapasitas 1000 liter. Satu unit gengset 1500 kw. Ada dua set lampu sorot yang biasa digunakan mencari korban di malam hari. Selain itu, tenda keluarga untuk kapasitas lima orang sebanyak 150 unit ,tenda regu dengan kapasitas 20 orang sebanyak 25 unit , serta tenda komando kapasitas 40 orang sebanyak 5 unit ” jelas Muhammad Danibal (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya