HTTP Status[404] Errno [0]

Hambali Thalib : APTISI Akan Bentuk Lembaga Akreditasi Mandiri

15 December 2012 00:50
Hambali Thalib : APTISI Akan Bentuk Lembaga Akreditasi Mandiri
Hambali Thalib
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Hambali Thalib

Hambali Thalib

BugisPos — Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dalam waktu dekat akan segera hadir menjadi alternatif bagi Badan Akreditasi Nasional (BAN). Kehadiran LAM menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kampus PTS guna mempercepat program studi  mendapatkan legitimasi. Demikian ditegaskan Ketua APTISI Wilayah A Sulawesi, Prof.Dr.H.Hambali Thalib, SH, MH, di Makassar, Jumat 14 Desember 2012.

Gagasan pembentukan LAM mulai bergulir pada pertemuan pengurus APTISI seluruh Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu. Â Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Â malah telah memberi lampu hijau untuk pembentukan LAM. Pemantapan organisasi dan tekhnis administrasi menjadi salah satu agenda pembicaraan dalam Rakernas APTISI 2013 se-Indonesia digelar di Makassar pada Februari 2013, tandas mantan Direktur Program Pascasarjana UMI Makassar ini.

Kenyataan selama ini, masih terlalu banyak program studi  belum divisitasi karena keterbatasan waktu, tenaga asesor dan dana  dimiliki BAN-PT. Kehadiran LAM  menjadi salah satu solusi mepercepat prodi yang selama ini belum tervisitasi akan dengan mudah mendapat kesempatan dengan hadirnya LAM.

Proses rekruitmen tenaga asesor, kelembagaan dan pembiayaan LAM semuanya akan menjadi bahan agenda pembicaraan dalam Rakernas di Makassar. Tetapi paling tidak tahun 2013 tandas Guru Besar Ilmu Hukum UMI Makassar ini, LAM sudah mulai melaksanakan tugas dan fungsinya.

Kehadiran LAM tandas Hambali, tidak menjadi pesaing  bagi BAN-PT, tetapi malah menjadi mitra kerja bersama mempercepat pencapaian semua prodi di PTS terakreditasi.

Di masa depan ungkap Hambali, BAN-PT idealnya menjadi semacam payung bagi hadirnya lembaga akreditasi lainnya. BAN-PT, sebaiknya hanya melakukan visitasi untuk akreditasi institusi kampus.

Akreditasi bagi prodi diserahkan kepada lembaga akreditasi yang dibentuk oleh masyarakat dan stakeholder dari dunia pendidikan tinggi, tandasnya, seraya menambahkan di beberapa negara lembaga akreditasi lebih dari satu, tegasnya (yahya)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya