HTTP Status[404] Errno [0]

Tommy Soeharto Investasi Rp 10 Trilun di Makassar

18 December 2012 01:35
Tommy Soeharto Investasi Rp 10 Trilun di Makassar
Tommy Soeharto

BugisPos — Pengusaha Hutomo Mandala Putra yang akrab disapa Tommy Soeharto, putra mantan presiden Soeharto, akan melakukan investasi di Makassar sekitar Rp 10 triliun. Selain perusahaan Tommy, 13 perusahaan lain juga ikut berinvestasi.
Ini terungkap saat Pemerintah Kota Makassar yang dipimpin Walikota Makassar Ilham Arief Siurajuddin didampingi Sekda Agar Jaya, Asisten II Ruslan Abu dan staf ahli Walikota bidang tata ruang Danny Pomanto, melakukan presentase kawasan maritim di ruang pola Balaikota, Senin 17/12/12.

Pemerintah Kota Makassar menyiapkan kawasan maritim terpadu di pesisir pantai Losari sepanjang 35 kilimoter. Kawasan berada di atas lahan 3.430 hektar.

Sedang Tommy Soeharto melalui bendera PT Pelaksana Jaya Mulia akan membangun kawasan industri di atas lahan 300 hektar dari 3.430 hektar yang disiapkan pada kawasan strategis koridor terpadu Kota Makassar sesuai RTRW Makassar 2011-2031.

Perusahaan ini akan membangun kawasan pelabuhan terpadu lengkap dengan kawasan industri besar maupun kecil serta sarana hiburan masyarakat.

Ini dikemukakan Direktur Utama PT Pelaksana Jaya Mulia, Zulkarnain Idris, usai presentasi. “Kami mohon doa restu. Mas Tommy juga sudah berpesan agar kami melakukan yang terbaik di Makassar. Mas Tommy memiliki ikatan emosional di sini,” kata Zul.

Perusahaan pengemban Pluit City di jalur Pantai Utara Jakarta, PT Agung Pondomoro juga ikut berinvestas di kawasan ini.

Direktur Utama PT Agung Podomoro Land, Risman, mengatakan, pihaknya akan membuat sesuatu yang spektakuler di Makaasar yang disesuaikan dengan regulasi, adat istiadat serta tatakrama masyarakat Kota Makassar.

Sementara penasihat Wali Kota bidang tata ruang Danny Pomanto mengatakan, total investasi di kawasan tersebut menelan anggaran sekitar Rp 43 triliun.

Adapun konstruksi bangunan di atasnya sesuai konsep awal Perda RTRW. Yakni 13 fungsi dalam enam kawasan terpadu dalam wilayah pesisir. Di antaranya kawasan energi centre, idustri, pemukiman, kepelabuhanan, dan hiburan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Kawasan ini dilengkapi sarana Jalan utama dengan lebar sekitar 100 meter.
Menyikapi keinginan sejumlah investor, Ilham menyambut baik langkah investor yang ingin berbuat sesuai regulasi yang ada, termasuk mengikuti aturan reklamasi UU Nomor 27 tahun 2007.

Karena itu, Ilham yang juga calon Gubernur Sulsel ini memberi ruang seluasnya kepada pengusaha untuk melakukan aktivitas ekonomi selagi tidak melanggar aturan

Ilham berharap, kawasan yang akan menyerap sekitar satu juta tenaga kerja ini akan berdanpat pada peningkatan masyarakat Makassar dan Sulsel pada umumnya (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya