HTTP Status[404] Errno [0]

3 Parpol di Makassar tak Lolos Verifikasi Faktual

19 December 2012 09:46
3 Parpol di Makassar tak Lolos Verifikasi Faktual
KPU Kota Makassar, Senin, (19/12/2012) telah menetapkan 3 dari 16 parpol yang tak lolos verifikasi faktual, yakni PPN, PKBIB, dan PDP.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
KPU Kota Makassar, Senin, (19/12/2012) telah menetapkan 3 dari 16 parpol yang tak lolos verifikasi faktual, yakni PPN, PKBIB, dan PDP.

KPU Kota Makassar, Senin, (19/12/2012) telah menetapkan 3 dari 16 parpol yang tak lolos verifikasi faktual, yakni PPN, PKBIB, dan PDP.

BugisPos —Â Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah menetapkan 3 (tiga) dari 16 partai politik (parpol) di Makassaryang tidak lolos verifikasi faktual.

Seperti dirilis FAJAR online, ketiga parpol ini, masing-masing PPN, PKBIB, dan PDP.

Partai tersebut dinyatakan tidak lolos setelah melalui rapat pleno penetapan parpol yang memenuhi syarat, sebagai calon perserta pemilu 2014 mendatang. Pleno terbuka ini digelar di KPU Makassar, Rabu, (19/12/2012).

“Hari ini kita sudah gelar pleno terbuka untuk 16 partai politik di Makassar dan 3 partai kita nyatakan tidak memenuhi syarat,” kata anggota KPU Makassar, Izzdin Idrus.

Di Sulsel, 16 Parpol Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual

Verifikasi faktual (vertual) di KPU Sulsel tidak jauh berbeda dengan hasil verifikasi administrasi KPU yang meloloskan 16 parpol.

Komisi Pemilihan Umum Sulsel mengumumkan 16 partai politik (parpol) telah lolos verifikasi faktual (vertual). Hasil verifikasi KPU ini diumumkan dihadapan pengurus 16 parpol calon peserta pemilu ini di kantor KPU Sulsel, beberapa waktu lalu.

Pengumuman hasil verifikasi tentu saja disambut baik 16 parpol di Sulsel. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi melakukan perbaikan, karena syarat yang telah ditetapkan KPU sudha dipenuhi seperti keterwakilan 30 persen pengurus perempuan, domisili kantor dan kepengurusan.

“Setelah kita melakukan verifikasi, kami menyimpulkan bahwa 16 parpol yang kita verifikasi sudah dinyatakan memenuhi seluruh syarat yang telah ditetapkan. Jadi, bapak sudah bisa menyampaikan ke pengurus pusatnya kalau di Sulsel sudah dinyatakan lolos,” kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas.

Jayadi tidak lupa meminta kepada pengurus parpol Sulsel ini untuk tetap mengawal proses verifikasi di tingkat kabupaten/kota di Sulsel. Pasalnya, KPU Sulsel menerima banyak laporan kalau masih banyak parpol di daerah yang belum memenuhi syarat yang ditentukan KPU.

Ketua KPU Makassar, Misna Hasan mengakui kalau 16 parpol yang diverifikasi di Makassar ini masih ada yang belum memenuhi syarat setelah diplenokan beberapa waktu lalu. “Kita sudah sampaikan apa saja kekurangan yang harus dipenuhi,” kata Misna.

Sementara, hasil verifikasi yang dilakukan KPU Selayar terhadap 16 parpol di daerah itu memprihatinkan, Hanya ada empat parpol yang dinyatakan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan KPU. Keempat parpol ini yakni PKS, PKB, Nasdem, dan PPP. 12 parpol yang belum memenuhi syarat baik dari kepengurusan, keterwakilan 30 persen pengurus perempuan, dan domisili kantor dan keanggotaan.

“Parpol yang belum memenuhi syarat diberikan kesempatan melakukan perbaikan mulai 27 November hingga 3 Desember mendatang. Setelah itu, KPU kembali akan melakukan vertual hasil perbaikan yang dilakukan parpol ini antara 4-17 Desember,” kata Ketua KPU Selayar, Zulfinas Indra.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya