HTTP Status[404] Errno [0]

Wow, Di Palopo Ratusan Surat Suara “Sayang” Sudah Tercoblos

27 December 2012 18:31
Wow, Di Palopo Ratusan Surat Suara “Sayang” Sudah Tercoblos
Ratusan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 22 Januari 2013 di Kota Palopo sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang).
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Ratusan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 22 Januari 2013 di Kota Palopo sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang).

Ratusan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 22 Januari 2013 di Kota Palopo sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang).

BugisPos — Wow, ratusan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 22 Januari 2013 di Kota Palopo sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang). Padahal, penyelenggaraan Pilgub Sulsel masih 26 hari lagi.

Indikasi adanya kecurangan pesta demokrasi Pilgub Sulsel yang sistematis sudah terjadi. Tim data kandidat nomor urut 1, Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) di Palopo dan KPU Palopo, Rabu (26/12/12), telah menemukan ratusan lembar kertas surat suara di mana gambar kandidat nomor urut 2, pasangan Sayang jilid II,  sudah tercoblos.

“Ini betul-betul merusak, baru beberapa disortir, tapi sudah ratusan surat suara di mana nomor dua (Syahrul-Agus) tercoblos duluan. Palopo itu hanya 111.000 surat suaranya ditambah cadangan 2,5 persen tapi saat disortir, baru sebagian, nomor urut dua sudah ratusan tercoblos, ini tidak boleh dibiarkan,” kata Ketua Tim Data IA, Hamka Hidayat di Media Center IA, Makassar, Kamis (27/12/12), sebagaimana dikutip dari Tribun Timur.com.

Hamka Hidayat yang juga mantan Ketua KPU Palopo ini menduga kuat, bukan hanya Palopo yang mengalami kasus demikian namun juga di kabupaten lainnya. Tim Data IA, lanjut Hamka, segera akan melaporkan ke KPU Sulsel dan Panwaslu.

“Iya, pasti daerah lain juga begitu, Palopo saja mereka begitu. Kami mengapresiasi kinerja KPU Palopo dalam menyortir surat suara. Namun, kami akan mendesak KPU Sulsel untuk betul-betul menyortir surat suara dengan baik. KPU wajib ganti surat suara yang rusak karena itu akan menguntungkan salah satu calon dan merugikan calon lain,” Hamka menambahkan.

Panglima Barak 145 for IA, Japri Y Timbo, menambahkan, indikasi ulah “jekkong” (curang) tersebut sudah dalam dugaan timnya. Barak 145 akan melakukan protes kepada KPU Sulsel dan pemilik percetakan yang mencetak surat suara.

“Ini sudah indikasi jekkong 2007 berulang di 2013. Pihak kami menduga, pembuat surat suara ini penyokong kandidat gubernur tertentu,” kata Jefry Timbo.

Menurut Jefry Timbo, upaya jekkong kandidat melalui surat suara ini sudah dalam format sistematis mulai dari tender logistik hingga pendistribusian.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya