HTTP Status[404] Errno [0]

Tiru Korsel, Jokowi Akan Tata Sungai Ciliwung

04 January 2013 05:43
Tiru Korsel, Jokowi Akan Tata Sungai Ciliwung
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi akan menata Kali Ciliwung yang melintasi Masjid Istiqlal hingga Pasar Baru akan menjadi proyek percontohan kerja sama Korea Selatan pada April 2013.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi akan menata Kali Ciliwung yang melintasi Masjid Istiqlal hingga Pasar Baru akan menjadi proyek percontohan kerja sama Korea Selatan pada April 2013.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi akan menata Kali Ciliwung yang melintasi Masjid Istiqlal hingga Pasar Baru akan menjadi proyek percontohan kerja sama Korea Selatan pada April 2013.(sumber foto : int)

BugisPos — Kali Ciliwung yang melintasi Masjid Istiqlal hingga Pasar Baru akan menjadi proyek percontohan penataan kali yang akan dilakukan pada April 2013 nanti. Penataan sungai di Korea Selatan menjadi parameternya.

“Lebih konkret kita dengan Dubes (Dubes Korsel untuk RI Kim Seong Yeon) ingin mengkonkretkan kerjasama yang sudah ditandatangani Indonesia dengan Korea. Konsentrasinya ada dua tadi, kita sudah bicara yang pertama tadi mengenai restorasi Kali Ciliwung tetapi kita ingin beri contoh dulu dari Masjid Istiqlal sampai Pasar Baru,” jelas Jokowi, seperti dikutip dari DetikNews.

Hal itu disampaikan Jokowi usai bertemu dengan Dubes Korsel untuk RI Kim Seong Yeon di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (4/1/2013).

Pemprov DKI akan memfokuskan pembersihan dan penataan Kali Ciliwung di ruas Masjid Istiqlal ke Pasar Baru. Kalau proyek percontohan itu sudah benar, bagus, respons masyarakat baik, Pemprov DKI akan melanjutkan kerja sama untuk proyek yang lebih besar.

“Ini yang mau kita lihat jadi kita tinggal anu…di pelaksanaan. Mungkin April akan kita mulai. Contoh itu nanti,” jelas dia.

Selain bermitra dengan Korsel, sungai-sungai di korsel menjadi parameter untuk penataan sungai di Jakarta. Kalau bisa, sungai itu bisa dilalui.

“Ya kalau yang saya lihat di Korea itu kan sungai tengah kota itu kan diporselin, bersih-bersih semuanya. Saya lihat sendiri. Malam hari sungainya bisa dipakai buat jalan-jalan. Kenapa nggak dicontoh? Kemudian kali yang besar pinggirnya bisa dikasih kayu untuk dibuat jogging track. Bagus sekali kenapa nggak? Saya bolak-balik ke sana memang penanganannya bagus,” imbuhnya.

Sedangkan kerjasama Pemprov DKI dengan Korsel yang kedua, adalah transportasi, terutama kereta api.

“Terutama kereta api yang dari Jakarta ke Depok atau ke tempat yang lain di sekitar Jakarta. Saya tadi sampaikan kita nggak usah terlalu banyak bicara tapi segera dilaksanakan karena itu juga menyangkut orang yang banyak,” jelas dia.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya