HTTP Status[404] Errno [0]

Pemerintah Restui ISL dan IPLBergulir

05 January 2013 22:40
Pemerintah Restui ISL dan IPLBergulir
Plt Menpora Agung Laksono akhirnya merestui digelar dua liga sepak bola di Indonesia, ISL dan IPL.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Plt Menpora Agung Laksono akhirnya merestui digelar dua liga sepak bola di Indonesia, ISL dan IPL.

Plt Menpora Agung Laksono akhirnya merestui digelar dua liga sepak bola di Indonesia, ISL dan IPL.

BugisPos —Â Pemerintah akhirnya merestui bergulirnya dua liga sepak bola di Indonesia, yakni Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Primer League (IPL). Â Melalui Menteri Perekonomian Rakyat (Menko Kesra) yang ditunjuk Presiden sebagai Pelaksana tugas Menpora, Agung Laksono menegaskan tetap akan memberikan izin rekomendasi kepada penyelenggaraan kompetisi baik ISL maupun IPL.

Namun, ada beberapa persyaratan serta akan ada evaluasi setiap pekannya. Agung mengatakan bahwa pihaknya belum akan memberikan izin rekomendasi bagi ISL maupun IPL. Akan tetapi, sehari kemudian putusan itu berubah menjadi memberikan izin rekomendasi kompetisi.

”Dalam rangka pembinaan para pemain, pelatih, maka pemerintah memandang penyelengaraan kompetisi adalah langkah yang penting dan sangat diperlukan. Mengingat hal tersebut, maka pemerintah memberikan rekomendasi untuk ISL ataupun IPL dengan tiga syarat,” ujarnya di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/1/2013).

Sebagaimana dikutip dari DetikNews.com, ketiga syarat yang diajukan oleh Agung tersebut adalah pertama, kedua belah pihak harus memiliki komitmen untuk menghilangkan dualisme dan melaksanakan penyatuan kompetisi.

Syarat kedua, berkomitmen untuk membentuk satu timnas yang tangguh, dan
ketiga, pihak operator liga harus menyelesaikan segala macam kewajiban klub-klub kepada pemainnya seperti tunggakan gaji dan lain-lain.

”Kami akan evaluasi setiap minggunya mengenai tiga poin tersebut. Apakah mereka menjalankan atau tidak. Jika nantinya ada salah satu atau seluruh poin tersebut tidak dijalankan maka kami tidak segan-segan untuk mencabut rekomendasi izin tersebut,” tegasnya.

Tak Izinkan Pemain ke Timnas, Pemerintah Ancam Cabut Rekomendasi ISLÂ

Menko Kesra sekaligus Pelaksana Tugas Kemenpora (Plt) Agung Laksono telah memberikan izin rekomendasi kompetisi ISL. Namun Agung juga meminta kepada klub-klub ISL untuk menyerahkan pemainnya ke timnas, jika tidak pemerintah bakal mencabut kembali izin rekomendasi tersebut.

Agung Laksono memutuskan untuk memberikan izin rekomendasi ISL setelah melakukan pertemuan dengan Plt Ketua BOPI Haryo Yuniarto dan CEO PT. Liga Indonesia Joko Driyono. Dari pertemuan itu, pemerintah meminta kepada ISL untuk membiarkan pemainnya bergabung ke timnas.

Menurut Agung, hal itu sudah menjadi persyaratan dari draft yang dikeluarkan BOPI. Jika ISL tidak melaksanakan, maka rekomendasi penyelenggaraan liga LSI tersebut akan dicabut kembali.

“Tentu harus ada kelegowoan untuk mengikhlaskan pemain-pemain yang tersebar di klub-klub yang terkait dengan ISL ke satu timnas. Timnas itu satu di bawah PSSI,” papar Agung Laksono lagi.

Agung juga meminta kepada ISL untuk segera melunasi gaji para pemainnya secepat mungkin.

“Jangan sampai gaji dibayar setelah selesai musim kompetisi,” tutupnya.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya