HTTP Status[404] Errno [0]

2013, Satlantas Polres Kendari Tekan Kecelakaan Jalan

07 January 2013 09:14
2013, Satlantas Polres Kendari Tekan Kecelakaan Jalan
Kasat Lantas Polres Kendari, AKP Wiraga Dimas Tama, S.Ik
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Kasat Lantas Polres Kendari, AKP Wiraga Dimas Tama, S.Ik

Kasat Lantas Polres Kendari, AKP Wiraga Dimas Tama, S.Ik

BugisPos — Upaya jajaran Unit Satuan Polisi Lalulintas Polres Kendari menekan angka kecelakaan lalulintas (lakalantas) tahun 2012 cukup berhasil. Penurunan jumlah lakalantas merupakan indikator keberhasilan Satuan Lalulintas Polres Kendari menekan angka kecelakaan di jalan raya, meskipun tidak terlalu signifikan.

“Meskipun penurunan angka lakalantas tidak terlalu signifikan, namun hal itu menjadi salah satu catatan keberhasilan tersendiri dan patut dibanggakan,” ungkap Kasat Lantas Polres Kendari, AKP Wiraga Dimas Tama, S.Ik  kepada BugisPos di ruang kerjanya belum lama ini.

Catatan yang diperoleh, pada tahun 2011 jumlah kasus lakalantas yang terjadi sebanyak 721. Diantaranya meninggal dunia sebanyak 85 jiwa,, luka berat 336 dan luka ringan sebanyak 596 kasus, dengan kerugian materil yang ditimbulkan sebesar Rp1.482.650.000.

Sedangkan di tahun 2012, terjadi penurunan kasus, yakni dengan jumlah kasus yang terjadi sebanyak 550. Diantara lakalantas yang terjadi tahun lalu, terdapat korban meninggal dunia 59 orang, luka berat 310, luka ringan 427 serta kerugian materil yang di timbulkan sebesar Rp1.453.900.000.

AKP Wiraga Dimas Tama mengatakan, dengan pencapaian ini, sebenarnya masih terbilang tinggi, Namun pihaknya akan terus berusaha bekerja keras dalam menertibkan para pengendara.

Dengan usaha tersebut merupakan salah satu syarat dalam menekan jumlah angka kecelakaan yang terus terjadi di jalan raya di Kota Kendari. Namun yang terpenting kata dia, adalah perlu adanya kesadaran sendiri dari masyarakat dan berlaku disiplin di jalan raya.

Menurut perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi ini, sekalipun jumlah personil yang dimiliki saat ini yang hanya sebanyak 80 personil, tetapi pihaknya mengoptimalkan 10 pos polisi yang tersebar di berbagai sudut jalan raya di Kota Kendari. Sebab menurut dia, hal tersebut bukan menjadi faktor utama dalam menjalankan tugas untuk menertibkan para pemakai jalan di jalan raya ada di kota ini.

“sebenarnya untuk idealnya, satuannya harus memiliki personil sekitar 100 hingga 150 aparat. Namun dengan keterbatasan personil, kami tetap mengoptimalkan penjagaan pada sepuluh pos polisi yang ada di kota ini,” ujarnya.

Wiraga Menambahkan, selama lebih setahun menjadi Kasat Lantas di Polres Kendari menjadi tantangan tersendiri baginya mengemban jabatan ini. Kemajemukan masyarakat serta tingginya mobilitas warganya, sehingga membuatnya harus intens terus dalam menajalankan tugas-tugas di jalan raya.

“Kami berharap, tahun 2013 ini, angka lakalantas dapat kami lebih tekan lagi, karena itulah target keberhasilan aparat Satuan Polisi Lalu-lintas,” kuncinya.(arfan/gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya