HTTP Status[404] Errno [0]

Warning Ilham Sebelum Cuti Kampanye Pilgub

09 January 2013 01:23
Warning Ilham Sebelum Cuti Kampanye Pilgub
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Sebelum lham Arief Sirajuddin, menganbil cuti untuk kampanye Pilgub Sulsel, dia mewarning seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar untuk serius melaksanakan Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Makassar yang telah di tetapkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Penegasan itu disampaikan saat penyerahan Dokumen Pelaksanan Anggaran (DPA) SKPD tahun anggaran 2013 lingkup Pemkot Makassar di Ruang Pola kantor Balaikota Makassar, Jumat 4/1/13. Warning tersebut sebagai bentuk janji dan komitmen bersama antara walikota dan SKPD untuk mencapai target dalam RPJMD.

“Alhamdulillah selama 4 tahun ini APBD Makassar bisa diselesaikan tepat waktu, sehingga Pemkot Makassar merupakan salah satu daerah yang memperoleh penghargaan dan dana insentif selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai daerah yang memiliki kinerja keuangan terbaik,” jelas Ilham.
Walikota menambahkan, indikator keberhasilan tersebut juga diukur dari pencapaian kinerja SKPD tak lepas dari kerjasama dengan DPRD Makassar.
“Pertumbuhan ekonomi Kota Makassar tahun 2011 lalu mencapai 8,11 persen, atau terjadi peningkatan 1, 54 persen. Sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Makassar pada tahun 2011 sebesar Rp43,43 triliun, dan jika dibandingkan pada tahun 2007 lalu. Nilainya hanya Rp12,26 triliun terjadi peningkatan 22,64 triliun atau naik sebesar 108,9 persen,”tambah Ilham.
Kota Makassar, sambung Ilham sangat memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulsel di tahun 2012 lalu yang mencapai angka 32,22 persen.
“Terjadi peningkatan sebesar 2,56 persen atau naik 8,63 persen. Dan hal ini menunjukkan akselerasi pembangunan di Kota Makassar jauh melampui akselerasi pembangunan di kabupaten/kota lainnya di Sulsel. Sehingga peningkatan dan pertumbuhan ekonomi di Makassar menjadi magnet baru kepada investor dalam menginvestasikan modalnya, khususnya dalam sektor jasa, perdagangan dan industri,”katanya.
Olehnya itu, Ilham tidak lagi mau mendengar hal klasik yang menjadi sorotan pedas masyarakat, khususnya mengenai fungsi pelayanan aparatnya mulai dari tingkat lurah, camat hingga ke masalah perijinan ternodai oleh tingkat kepuasan masyarakat yang menginginkan adanya keseimbangan pelayanan dengan peningkatan ekonomi melalui kinerja SKPD.
Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar Agar Jaya menjelaskan, berdasarkan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21/2011 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah telah diamanatkan agar setiap daerah bisa melaksanakan anggaran secara tertib, efektif, efisien, ekonomis, transparan, bertanggungjawab dan bermanfaat bagi masyarakat. ” DPA-SKPD ini nantinya berfungsi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan di setiap SKPD lingkup Pemkot Makassar. Penyerahan DPA-SKPD dilakukan lebih awal memberikan bukti komitmen bersama untuk memastikan agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai tepat pada waktunya,” paparnya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya