HTTP Status[404] Errno [0]

KPU Sesalkan Tindakan Massa IA-Sayang, Pilgub Damai Diragukan

11 January 2013 14:58
KPU Sesalkan Tindakan Massa IA-Sayang, Pilgub Damai Diragukan
Ketua KPU Sulsel Jayadi Naz menyayangkan aksi yang dilakukan massa pendukung IA - Sayang, membuat komitmen Pilgub Sulsel damai tercoreng.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Ketua KPU Sulsel Jayadi Naz menyayangkan aksi yang dilakukan massa pendukung IA - Sayang, membuat komitmen Pilgub Sulsel damai tercoreng.

Ketua KPU Sulsel Jayadi Naz menyayangkan aksi yang dilakukan massa pendukung IA – Sayang, membuat komitmen Pilgub Sulsel damai tercoreng.

BugisPos — Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas menyesalkan tindakan massa pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), dan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang).

Penyesalan terhadap massa IA dan Sayang ini terkait bentrokan kedua massa pendukung ini. Semestinya kata dia, tidak perlu terjadi perselisihan antara kedua massa pendukung ini.

“KPU sangat menyayangkan kejadian kemarin. Acara yang sudah berlangsung sukses harus ternodai dengan tindakan anarkis seperti itu. Mestinya kedua calon bisa menahan diri dan menenangkan massa mereka,” kata Jayadi, Jumat, (11/1/2013), sebagaimana dikutip dari FAJAR online.

Komitmen Pilgub Sulsel Damai Diragukan

Asumsi bahkan ikrar pilgub damai cagub Sulsel hanya sandiwara politik sepertinya ada benarnya. Pengamat di Sulsel menilai komitmen cagub sangat lemah dan tidak disiplin.

Penilaian ini disampaikan pengamat politik UIN Makassar, Dr Firdaus Muhammad. Dia menilai, deklarasi pilgub damai yang disepakat di kantor KPU Sulsel beberapa waktu lalu tidak mampu direalisasikan.

“Ini menunjukkan bahwa komitmen calon lemah atau mereka tidak disiplin. Sehingga sangat wajar kalau masyarakat Sulsel mempertanyakan komitmen mereka,” kata Firdaus, Jumat, (11/1/2013).

Penilaian ini terkait bentrok pendukung Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) dan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) usai debat terbuka Kamis lalu. Kedua calon ini dianggap tidak mampu mengendalikan massa pendukungnya sehingga bentrok tidak terhindarkan.Â

Kronologis Bentrok Massa IA vs Sayang

Informasi yang dihimpun wartawan BugisPos.com di lapanganmenyebutkan, pemicu awal terjadinya bentrok antara massa pendukung IA versus massa Sayang diawali terjadinya keributan di sekitar Posko Sayang di Jalan Haji Bau, Kamis (10/1/2013) usai debat kandidat di Celebes Convention Centre (CCC) Tanjung Bunga Makassar.

Jelang magrib, diantara kerumunan massa pendukung Sayang, ikut berbaur seorang massa pendukung IA. Pendukung IA yang ikut berbaur diantara massa Sayang itu dikenal sebagai Ketua Pemuda Pancasila Sulsel, Diza Rasyid Ali.

Melihat Diza hadir diantara mereka, sekelompok massa segera menerjang Diza. Untung ada massa Sayang yang mengenalnya dan segera melindungi serta mengamankan dari amukan massa Sayang.

Tidak terima dengan perlakuan yang diberikan pada Ketua PP, anggota PP menyerbu massa Sayang di jalan Haji Bau. Untungnya aparat pengamanan langsung berhasil mengendalikan situasi.

Namun tak berapa lama berselang, posko pemenangan IA di Jalan Batu Putih kembali didatangi sekelompok massa. Posko IA dibombardir dengan lemparan-lemparan batu, lagi-lagi aparat keamanan turun mengamankan lokasi sekitarnya hingga suasana dapat terkendali dengan baik.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya