HTTP Status[404] Errno [0]

Ilham Gagas Pembukuan Rekor Tari Ganrang Bulo Massal

14 January 2013 05:48
Ilham Gagas Pembukuan Rekor Tari Ganrang Bulo Massal
Tari Ganrang Bulo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Tari Ganrang Bulo

Tari Ganrang Bulo

Sorotan beberapa pihak yang menilai Walikota  Ilham Arief Sirajuddin lebih memperhatikan sebi budaya luar dan kurang memperhatikan serta membina budaya lokal, rupanya mengusik Walikota dua periode tersebut. Sorotan itu terkait pencatatan rekor MURI kota Makassar sebagai Pelaksana Gangnam Style dengan peserta terbanyak se-Indonesia dengan membukukan peserta  sebanyak 11.499 orang medio Oktober lalu. Ilham menyatakan kembali akan menggelar pembukuan rekor baru, namun kali ini dengan mengusung tarian lokal khas Makassar yakni tari Ganrang Bulo secara Massal.
Ini dikemukakan Ilham saat membuka kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) SMA/SMK se-kota Makassar, Senin 17/12/2012 di lapangan Karebosi  Makassar. Kegiatan ini sekaligus untuk menjawab cibiran beberap pihak bahwa Ilham hanya menyuburkan budaya luar dan tidak memperhatikan kebudayaan dan kearifan lokal. Tarian yang digagas Ilham ini akan melibatkan semua lapisan masyarakat khususnya siswa-siswi mulai Sekolah Dasar, SMP dan SMU.

“Makassar telah membuktikan mampu bersatu dan membukukan rekor peserta tarian terbanyak. Ini pun saya masih disorot dan dituding lebih perhatian pada budaya luar. Untuk itu, saya ingin membuktikan kalau masyarakat Makassar dan Walikotanya tidak akan mungkin melupakan apalagi mengabaikan budaya lokal yang telah menyatu dalam darah sebagai putra Makassar,” ujar Ilham yang disambut aplaus dari ribuan murid SMA/SMK yang hadir.

Gagasan untuk menggelar kegiatan Ganrang Bulo massal ini akan direalisasikan dalam waktu secepatnya. Dipilihnya tarian ganrang Bulo karena tarian ini telah sangat melekat dengan kegiatan masyarakat daerah Sulawesi Selatan khususnya etnis Bugis Makassar. Ilham juga akan melibatkan kembali Museum Rekor Indonesia (MURI) guna mencacatkan rekor yang akan dibukukan tersebut.

“Ini sekaligus akan jadi ajang pembuktian bahwa warga Makassar tetap akan berakar pada budaya lokal serta mempertahankan kearifan lokal yang kita punyai, secepatnya kegiatan ini akan dilaksanakan, bantuan dan partisipasi seluruh masyarakat tentu akan semakin menyukseskan acara ini,” ujar Ilham (*)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya