HTTP Status[404] Errno [0]

Almarhumah Prof. Zakiah, Peduli Pendidikan

17 January 2013 03:13
Almarhumah Prof. Zakiah, Peduli Pendidikan
Zakiah Daradjat
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Amidhan menyatakan Prof Zakiah Darajat adalah tokoh besar dan wanita yang sangat peduli di bidang pendidikan.

“Indonesia kehilangan tokoh besar wanita,” kata Amidhan lewat telepon di Jakarta, Selasa, terkait meninggalnya Prof Zakiah Darajat di Jakarta, Selasa (15/1) sekitar pukul 09.00 WIB dan dimakamkan di Kompleks UIN Ciputat pada hari yang sama.

Guru besar UIN Jakarta itu wafat pada usia 83 tahun tatkala dirawat di RS UIN Syarif Hidayatullah.

Almarhumah adalah tokoh pendidik sekaligus pula psikolog agama. Almarhumah juga pernah duduk sebagai pengurus inti MUI pusat.

Selain itu, psikolog lulusan Universitas Ain Syams Kairo ini pernah tampil sebagai presenter bersama Buya Hamka di Radio Republik Indonesia pada tahun 1970-an.

Selain pernah menjadi direktur pendidikan Agama Islam di Departemen (kini Kementerian) Agama, juga mengajar di UIN. Juga membuka praktek di kediamannya sebagai psikolog.

“Dengan segala kelembutan yang dimiliki, almarhumah berhasil memberi solusi bagi setiap pasien,” katanya mengenang seperti dirilis Antara News.

Almarhumah adalah orang yang paling konsisten di bidang pendidikan. Karena itu pula ia kerap dimintai pendapat tentang hukum Islam dan berbagai upaya memulihkan mengembalikan mental seseorang yang tengah terpuruk.

“MUI pun pernah meminta pendapat almarhumah tentang musibah yang dialami warga Aceh tatkala terjadi tzunami. MUI bersama almarhumah menyusun buku dan kemudian dijadikan panduan untuk memulihkan mental warga terkena musibah.
Dalam Usia 83 tahun

Pakar psikologi Islam, Prof Dr Zakiah Daradjat tutup usia, Selasa (15/1) sekitar pukul 09:00 WIB.

Guru besar UIN Jakarta itu wafat saat dirawat di RS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada usia 83 tahun.

Prof Dr Zakiah Daradjat lahir pada 6 November 1929 di Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Ia dikenal sebagai seorang psikolog, pendidik, dan mubaligh Indonesia. Ia menelurkan banyak karya tulis yang membahas ilmu jiwa, pendidikan agama, dan masalah remaja.

Muslimah ini berasal dari keluarga muslim yang taat. Ia menempuh pendidikan pertamanya di standar school Muhammadiyah, Bukit Tinggi tahun 1944 dan Kuliyatul Mubalighat, Padangpanjang tahun 1947. Dasar¬-dasar yang diperoleh di Kuliyatul Muballighat ini terus mendorongnya untuk berperan sebagai mubalighah.

Prof Dr Zakiah Daradjat pernah meraih gelar Doktor dari Universitas Eins Sham, Kairo, Mesir pada 1964. Dalam kesehariannya beliau banyak disibukkan dalam mengajar di berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Kabar wafatnya tokoh Muslimah terkemuka di Tanah Air itu juga ramai di twiter. ”Telah berpulang ke Rahmatullah Prof DR Zakiah Daradjat hari ini, Selasa 15 Januari 2013 pukul 09:00 WIB di RS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” tulis Nurfi Laila Hs dalam akun twitternnya.

Prof Dr Zakiah Daradjat sempat mengalami kritis dan menjalani perawatan di RS Hermina, Jakarta Selatan, pertengahan Desember 2012 (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya