HTTP Status[404] Errno [0]

Mencari Budaya Sulsel untuk Didaftar Sebagai Warisan Budaya Dunia

19 January 2013 18:52
Mencari Budaya Sulsel untuk Didaftar Sebagai Warisan Budaya Dunia
Suku Kajang, di Bulukumba
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menggelar seminar internasional dengan tema Empowering local cultures in response to UNESCO seven-dimension indicator Suite. Seminar di Makassar pada 24 November tahun lalu.

Ketua Panitia seminar Dr Nasmilah Imran menyatakan program ini bertujuan untuk mencari budaya Sulsel untuk dikatalog, dinamakan, dan dilestarikan sebagai tempat-tempat yang sangat penting agar menjadi warisan manusia dunia.

“Tempat-tempat yang didaftarkan dapat memperoleh dana dari Dana Warisan Dunia di bawah syarat-syarat tertentu,”kata dosen Fakultas Ilmu Budaya dan Humaniora Unhas.

Program ini diciptakan melalui Pertemuan Mengenai Pemeliharaan Warisan Kebudayaan dan Alamiah Dunia pada Konferensi Umum UNESCO pada 16 November 1972.

“Melalui seminar ini kita ingin menggali potensi budaya Sulawesi Selatan untuk daftarkan di UNESCO guna menjadi hak paten Sulsel,” kata Nasmila.

Pertanyaanya kemudian ialah, sejauhmana pemerintah daerah di Sulsel merespon keinginan UNESCO ini. Begitu banyak ragam budaya di Sulsel yang punya potensi menjadi warisan budaya dunia, seperti budaya Toraja, Mandar, Kajang di Bulukumba, dan masih banyak lagi. Masalahnya ialah, apakah Pemprov atau pemkab/pemkot akan mendukung ? (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya