HTTP Status[404] Errno [0]

Tafa’dal Menang di Bone, Pilkada Palopo Dua Putaran

24 January 2013 07:08
Tafa’dal Menang di Bone, Pilkada Palopo Dua Putaran
Pemilihan Bupati Bone sepertinya akan berlangsung satu putaran, dimana hasil quick count menempatkan pasangan Andi Baso Fashar Mahdin Padjalangi-Ambo Dalle (Tafa'dal) menang 48,81 persen diikuti rivalnya ACCmi 22,56 persen. Sementara Pilkada Palopo diperkirakan akan berlangsung dua putaran.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Pemilihan Bupati Bone sepertinya akan berlangsung satu putaran, dimana hasil quick count menempatkan pasangan Andi Baso Fashar Mahdin Padjalangi-Ambo Dalle (Tafa'dal) menang 48,81 persen diikuti rivalnya ACCmi 22,56 persen. Sementara Pilkada Palopo diperkirakan akan berlangsung dua putaran.

Pemilihan Bupati Bone sepertinya akan berlangsung satu putaran, dimana hasil quick count menempatkan pasangan Andi Baso Fashar Mahdin Padjalangi-Ambo Dalle (Tafa’dal) menang 48,81 persen diikuti rivalnya ACCmi 22,56 persen. Sementara Pilkada Palopo diperkirakan akan berlangsung dua putaran.

BugisPos –Â Pemilihan Bupati Bone sepertinya akan berlangsung satu putaran. Pemenangnya adalah pasangan Andi Baso Fashar Mahdin Padjalangi-Ambo Dalle (Tafadal).

Berdasarkan perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Network Konsultan Citra Indonesia (KCI), Tafadal menang 48,81 persen, jauh mengungguli semua rivalnya, seperti ACCmi (22,56%) dari 351 tempat pemungutan suara (TPS) dari 1.390 TPS yang ada di Kabupaten Bone.

Hasil ini nyaris sama dengan quick count yang dirilis oleh tim pemenangan Tafadal. Dalam rilisnya, diurai hasil perhitungan cepat yang diambil dari 427 TPS. Hasilnya, pasangan Andi Mustaman-Andi Sultan Pawi (Mantap) mendapat 4,11%, pasangan Andi Irsan Idris Galigo-Andi Yuslim Patawari (ACCmi) 23,56%.

Sementara pasangan Andi Taufan Tiro-Andi Promal Pawi (ATT Pro Rakyat) 11,87%, pasangan Andi Baso Fahsar Mahdin Padjalangi-Ambo Dalle (Tafa’dal) 48,08%, pasangan Andi Mappamadeng Dewang-Andi Said Pabokori (Ampera Siap) 2,41%, sedangkan pasangan Andi Mangunsidi Massarappi-H Sumarsi (Tomasse’di) 9,97%.

Menurut beberapa sumber, suara Tafa’dal akan terus bertambah, karena berdasarkan informasi yang diterima Rakyat Sulsel kalau di kecamatan banyak juga TPS yang dimenangi pasangan Tafa’dal.

Di kampung halaman Andi Yuslim sendiri, di Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, ada empat TPS dan tiga diantaranya dimenangkan pasangan Tafa’dal. Bahkan secara keseluruhan di Kecamatan Barebbo ada yang memprediksi pasangan Tafa’dal menang.

Sebagaimanan di TPS 04 Watampone. Hasil dari TPS yang hanya berjarak beberapa meter dari kediaman pribadi Bupati Bone ini menunjukkan bahwa suara Irsan dan Fahsar sama. Pasangan bernomor urut dua memperoleh 148 suara begitupula dengan suara bernomor urut 4 juga memperoleh jumlah suara yang sama.

Pasangan ACCmi yang ditemui di Posko Pemenangnya di Jalan Gunung Jaya Wijaya Watampone, mengungkapkan kalau quick count adalah tahapan kajian ilmiah.

“Kami akan menunggu keputusan resmi KPU sebagai penyelenggara pemilukada,” ungkap Andi Yuslim Patawari.

“Ini pertarungan, pasti ada kalah dan menang, dan siapapun yang terpilih maka itulah yang terbaik karena itulah pilihan masyarakat. Saya akan memberi ucapan selamat kalau sudah ada pemenang yang ditetapkan KPUD Bone,” ungkapnya.

Sementara Bupati Bone, HAM Idris Galigo, hanya mengungkapkan dan mengharap agar yang menang jangan terlalu membuat euforia yang berlebihan agar tidak memancing pihak yang kalah. Menurutnya, Bone ini peka, maka stabilitas kedamaian dan kamanan harus dijaga.

Hasil quick count sementara lembaga survey Celebes Research Centre (CRC) juga menempatkan Tafadd’al di posisi teratas dengan presentase perolehan suara 49,02 persen. Diikuti ACCmi 23,13 persen, ATTpro 12,87 persen, Tomass’edi 8,66 persen, Mantab 4,25 persen dan Ampera 2,07 persen.

Direktur CRC, Herman Heizer di Hotel Sahid, sebagaimana dirilis Rakyat Sulsel mengungkapkan, dalam melakukan quick count pilkada Bone, pihaknya mengambil sample di 200 Tempat Pemilihan Suara (TPS) se Bone.

“sama seperti lainnya, margin error quic count kami adalah 1 persen,” tuturnya.

Sementara itu, di Kota Palopo dilaporkan, kemungkinan akan berlangsung dua putaran. Meski belum tuntas perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh masing-masing tim pemenangan calon, namun sejumlah pendukung sudah mengkalim diri menang dan menggelar konvoi berupa arak-arakan keliling Kota Palopo.

Pendukung Haidir-Basir-Thamrin Jufri (HATI) yang pertama kali menggelar konvoi mengelilingi Kota Palopo. Menyertakan ratusan kendaraan baik roda dua dan empat, arak-arakan kendaraan itu mengelilingi Kota Palopo hingga petang.

Bahkan, Calon Wali Kota Palopo Haidir Basir pun ikut serta diarak oleh ratusan pendukung HATI saat akan menemui kedua orang tuanya di Jl Belimbing, Kota Palopo.

Selang beberapa menit kemudian, konvoi juga digelar oleh tim pemenangan Judas Amir-Akhmad Syarifuddin (JA). Konvoi ini juga melibatkan ratusan kendaraan dan puncaknya mereka berkumpul di Poko Utama JA di Jl Akhmad Razak.

“Sebanyak 65 persen surat suara yang telah masuk di tim JA, dan hasilnya JA telah unggul dibanding calon-calon lainnya dengan persentase kemenangan 25 persen dari 187 TPS yang masuk,” ujar Juru bicara JA, Mustahir Sidu.

Sementara yang berada diurutan kedua ditempati posisi pasangan Hati dengan total perolehan suara sebanyak 23 persen.

Juru Bicara HATI, Abdul Hakim Jafar yang dikonfirmasi mengatakan, meski perhitungan cepat yang dilakukan oleh tim belum tuntas, namun pihaknya yakin kemenangan sudah dipegang oleh pasangan HATI.

“Hingga pukul 17.00 Wita tadi, sudah terkumpul sebanyak 80 persen data dari seluruh TPS, dan menunjukkan pasangan HATI berada di posisi tertinggi, disusul JA, dan M Jaya-Alimuddin Nur (Janur),” ujar Hakim.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya