HTTP Status[404] Errno [0]

IA Optimis Menang, Klaim Unggul di 9 Kabupaten

25 January 2013 10:56
IA Optimis Menang, Klaim Unggul di 9 Kabupaten
Pasangan nomor urut 1, Ilham-Aziz (IA) optimis memenangkan Pemilihan Gubernur dan Wakil ubernur Sulsel 2013 berdasarkan data real count per TPS.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

IA Klaim Unggul di 9 Kabupaten/Kota

Pasangan nomor urut 1, Ilham-Aziz (IA) optimis memenangkan Pemilihan Gubernur dan Wakil ubernur Sulsel 2013 berdasarkan data real count per TPS.

Pasangan nomor urut 1, Ilham-Aziz (IA) optimis memenangkan Pemilihan Gubernur dan Wakil ubernur Sulsel 2013 berdasarkan data real count per TPS.

BugisPos — Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) mengklaim unggul di sembilan kabupaten/kota berdasarkan hasil real count.

“Hasil real count internal kami yang datanya sudah masuk, Kamis, pada pukul 19.00 wita, IA unggul di sembilan kabupaten dan kota,” kata Ilham dalam jumpa pers di posko pemenangan IA di Jalan Batu Putih Makassar, Kamis (24/1/2013).

Sebagaimana dirilis Tribun Timur.com, adapun sembilan kabupaten kota tersebut yakni Kota Makassar, Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Pangkep, Maros, Bone, Enrekang, dan Wajo.

Kepada jurnalis Ilham menjelaskan bahwa saat ini data yang masuk sudah 70 persen lebih. Dia menyebutkan, perbedaan suara dengan pasangan nomor urut dua Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu`mang (Sayang) tipis, di bawah 10 persen.

“Suara berimbang sedikit, tetapi suara IA masih di atas. Faktanya kami memiliki data perimbangan dan itu murni,” ucapnya di dampingi Aziz dan tim pemenangan.

Dirinya juga menyebutkan, tiga kabupaten yang diklaim dimenangkan Sayang dalam perhitungan cepat atau quick count yakni Maros, Pangkep, dan Wajo ada terjadi kesalahan perhitungan, termasuk persentase partisipasi pemilih.

“Berdasarkan data, kami unggul di tiga kabupaten itu dan perbedaannya sampai lima persen dari hasil quick count,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu Ilham tidak menunjukkan data yang dimiliki pihaknya kepada wartawan dengan alasan keamanan, namun ia memastikan bahwa data itu ada.

“Jelas kami punya data, dan itu riil, tentunya akan dijadikan bahan perbandingan dengan hasil KPU nanti. Saat ini perhitungan suara masih di tingkat PPK dan terus dikawal,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan yang dilakukan oleh tim teknis dan tim hukum.

“Masih ada harapan, kami yakin ada pelung menang, kami lakukan perhitungan real count dengan zero (nol) untuk toleransi margin error dengan sampling 15 ribu TPS. Targetnya memang tiga hari kerja setelah perhitungan di TPS,” ucapnya.

Terkait dengan klaim kemenangan pasangan Sayang di tiga kabupaten yakni Gowa, Toraja, dan Toraja Utara, kata dia, tim pemenangannya masih melakukan pendalaman termasuk adanya dugaan kasus kecurangan di tiga kabupaten tersebut.

“Tiga kabupaten ini masih dilakukan pendalaman, termasuk partisipasi pemilih yang menurut quick count 80 persen yang menurut kami tidak mungkin karena Makassar saja tingkat partisipasi pemilihnya hanya 55 persen,” jelasnya.

IA : Hitung Cepat Bukan Hasil Akhir

Calon Gubernur Sulawesi Selatan Ilham Arief Siraajuddin menegaskan hasil perhitungan cepat (quick count) yang dilansir berbagai lembaga survei bukan hasil final.

“Kami menyampaikan kepada seluruh masyarakat quick count bukanlah hasil final Pilgub, jangan dijadikan dasar, karena perhitungan masih berjalan, hasilnya biar KPU yang mengumumkan,” tegas Ilham yang juga Wali Kota Makassar di Makasar, Kamis (24/1/2013).

Dalam keterangan persnya, Ilham mengaku, pihaknya punya perhitungan akurat atau Real count dengan sebaran tim pemantau hampir seluruh TPS yang ada. Dan saat ini pasangan Ilham-Aziz (IA) unggul tipis.

Menurutnya, pasangan IA mendapat masukan dari berbagai pihak agar memberikan penjelasan kepada masyarakat sehingga tidak menjadi pembentukan opini publik yang meresahkan dan berkembang sebelum ada keputusan resmi dari KPU setempat.

Dirinya menghargai hasil quick count yang dilakukan berbagai lembaga survei yang memenangkan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu`mang (Sayang) di atas 50 persen, namun hasil itu jangan dijadikan dasar utama.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya