HTTP Status[404] Errno [0]

KM Dharma Kartika Karam, 150 Penumpang Selamat

25 January 2013 19:30
KM Dharma Kartika Karam, 150 Penumpang Selamat
KM Dharma Kartika karam di perairan Selat Bone, Kamis, (24/1/2013). 150 penumpang selamat dari peristiwa ini.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
KM Dharma Kartika karam di perairan Selat Bone, Kamis, (24/1/2013). 150 penumpang selamat dari peristiwa ini.

KM Dharma Kartika karam di perairan Selat Bone, Kamis, (24/1/2013). 150 penumpang selamat dari peristiwa ini.

BugisPos — Sebanyak 150 penumpang feri, KM Dharma Kartika yang karam di perairan Selat Bone sekitar satu mil dari Pelabuhan BajoE, Kamis (24/1/2013) sekitar pukul 23.00 wita berhasil dievakuasi. Evakuasi oleh tim Basarnas Makassar menggunakan feri KM Mishima berjalan lancar dan semua penumpang selamat.

Feri asal surabaya yang sudah enam bulan beroperasi di Pelabuhan BajoE tersebut karam setelah menghindari kapal nelayan.

“Menurut nakhodanya atau kapten kapal bahwa dia ingin menghindari kapal nelayan, dan terlalu bergeser ke kanan, padahal area tersebut merupakan jalur luas,” jelas Kepala Unit Syahbandar Pelabuhan BajoE Andi Abbas.

Abbas menambahkan, kondisi pasang surut laut juga menjadi salah satu penyebab karamnya kapal. Saat menghidari kapal nelayan tersebut kondisi bagian tengah laut surut hingga kapal karam.

Ia juga menuturkan, pihaknya akan memanggil kapten kapal untuk dimintai keterangan dan langsung mengkoordinasikan pihak Jemla Feri sebagai pemilik kapal. Menurutnya lagi, pihaknya juga mencurigai kelalaian kapten kapal itu karena area tersebut masih jalur keluar masuk pelabuhan yang areanya luas dan dalam.

“Sebagian penumpang telah kami berangkatkan dengan menggunakan kapal lain. Adapun penumpang yang lain masih menunggu kendaraan mereka di atas kapal,” kata Abbas.

Seperti dirilis Tribun Timur.com, peristiwa ini mengakibatkan jadwal pemberangkatan kapal yang tidak beraturan sehingga ratusan penumpang terlantar di Pelabuhan BajoE. Pasalnya KM Mishima yang seharusnya berlayar pada pukul 23.00 wita harus dipakai untuk mengevakuasi penumpang KM Dharma Kartika.

Dalam mengevakuasi penumpang, selain menggunakan KM Mishima juga menggunakan kapal penghubung dan kapal nelayan serta dibantu Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) Kabupaten Bone.

Penumpang akhirnya berhasil dievakuasi dan tiba kembali di dermaga Pelabuhan BajoE dengan selamat tanpa ada korban jiwa, sekitar pukul 03.00, wita Jumat dini hari.

Sejumlah penumpang masih berada di Pelabuhan BajoE menunggu barang bawaan mereka yang masih tertinggal di kapal. Â Sementara itu, 35 kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua milik penumpang tertahan dikapal menunggu evakuasi kapal.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya