HTTP Status[404] Errno [0]

Sekpel Kopertis IX Sulawesi Raih Doktor

28 January 2013 01:23
Sekpel Kopertis IX Sulawesi Raih Doktor
Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Ibrahim Saman, MM (kedua dari kiri) bersama dengan keluarga dan dosen Kopertis IX Sulawesi (yahya)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Ibrahim Saman, MM (kedua dari kiri) bersama dengan keluarga dan dosen Kopertis IX Sulawesi (yahya)

Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Ibrahim Saman, MM (kedua dari kiri) bersama dengan keluarga dan dosen Kopertis IX Sulawesi (yahya)

BugisPos — Sekretaris Pelaksana (Sekpel) Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs.H.Ibrahim Saman, MM, berhasil meraih gelar doktor ilmu admnistrasi publik, setelah sukses mempertahankan disertasi dalan ujian promosi digelar di kampus Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs-UNM), Sabtu 26 Januari 2013, dalam rapat senat terbuka dipimpin Rektor UNM, Prof.Dr.Arismunandar, M.Pd.

Disertasi yang diteliti berjudul, Model Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi Swasta pada Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Studi pada Universitas Klabat Manado.Selama penulisan disertasi, dibimbing Promotor, Prof.Dr.H.Syamsul Ridjal, M.Si. Kopromotor, Prof.Dr.H.Muh Basri Wello, MA dan Prof.Dr.H.Sofyan Salam, MA, Ph.D.

Penguji dalam promosi itu yakni, Prof.Dr.H.Arismunandar, M.Pd; Prof.Dr.Jasruddin, M.Si; Prof.Dr.H.Natsir Hamzah, M.Si; Prof.Dr.Haedar Akib, M. Nilai kelulusan yang diperoleh sangat memuaskan dengan IPK, 3,82.  Pria kelahiran Majene 31 Desember 1954, merupakan alumni 101, prodi admnistrasi publik dan alumni 151 PPs-UNM.

Simpulan dari disertasinya, Universitas Klabat, menerapkan tata kelola yang baik dalam menghadapi tantangan dan persaingan. Mewujudkan universitas yang mampu memandirikan pengelolaan keuangan. Mewujudkan otonomi universitas melalui kemampuan melakukan kegiatan bidang akademik, manajerial dan keuangan secara mandiri dan otonom.

Keberhasilan menerapkan  tata kelola keuangan, tidak terlepas dari penerapan tujuh prinsip tata kelola yang baik, yakni, partisipasi, penegakan hukum, transparansi, konsensus, persamaan hak, efektifitas dan efesiensi, akuntabilitas, dipadu penerapan fungsi manajemen keuangan meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan pengevaluasian keuangan universitas, katanya.

Ibrahim Saman meniti karier di Kopertis IX Â sejak 1985, beberapa jabatan pernah dijalani di antaranya, Kasubag Admnistrasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kasubag Admnistrssi Umum, Admnistrasi kelembagaan, ujian negara. Sejak 2007-2008 Pelaksana Tugas Sekretaris Kopertis Wilayah IX. Mulai 2008 Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi. Menjadi dosen Luar Biasa di beberapa PTS di Wilayah Pulau Sulawesi.

Turut hadir dalam ujian promosi itu sejumlah pimpinan PTS di antaranya; Rektor Universitas Sawerigading Makassar, Prof.Dr.Hj.A.Siti Melantik Rompegading, SH, MH; Rektor UMI Makassar, Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.Hum; Rektor UVRI Makassar, Dr.H.A.Syamsu Kamaruddin, M.Si; Rektor UNASMAN, Dra.Hj.Chuduriah Sahabuddin, M.Si (yahya)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya