HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Keluhkan Pengamanan yang Berlebihan

01 February 2013 01:43
Walikota Keluhkan Pengamanan yang Berlebihan
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Ilham Arief Sirajuddin

Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos — Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengeluhkan pengamanan berlebihan aparat kepolisian dalam rangka mengantisipasi terjadinya bentrokan pascapenetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel terpilih yang kemudian berimbas pada lumpuhnya perekonomian.
“Terlalu berlebihan pengamanannya karena ekonomi di Makassar jadi lumpuh dan berdasarkan pantauan saya langsung banyak toko perhiasan, rumah makan, restoran serta toko-toko lainnya itu tutup karena issue bentrok,” ujarnya Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Kamis 31/1/13

Dari pantauan yang dilakukan beberapa pusat pertokoan sepi dari pengunjung dan ada pula pengusaha yang menutup usahanya karena takut adanya bentrokan dan penjarahan.

Polda Sulselbar menurunkan duapertiga kekuatan personelnya untuk mengamankan Kota Makassar. Hal tersebut dilakukan karena Polda Sulselbar tidak ingin kecolongan jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Menurut Ilham, pengamanan yang dilakukan oleh Polda Sulselbar dinilai terlalu berlebihan karena kesan yang muncul jika masyarakat Makassar seperti akan menghadapi musibah besar akibat ketakutan yang diciptakan oleh kepolisian.

“Padahal hingga saat ini tidak terjadi apa-apa. Akibat pengamanan yang over ini perekonomian Makassar menjadi stagnan, bukan cuma itu banyak warga yang lebih memilih tinggal di rumah saja,” katanya seperti dirilis Antara News

Walaupun sangat menyayangkan pengamanan berlebihan yang dilakukan Polda Sulselbar, Ilham bisa memahami keputusan Polda untuk memberikan pengamanan ekstra di Makassar.

“Dilain sisi saya juga memaklumi langkah tegas kapolda karena memang itu tugas mereka untuk melakukan pengamanan dan menjaga stabilitas keamanan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya tersiar kabar akan adanya isu pengganyangan terhadap etnis tertentu dikarenakan tidak mendukung salah satu pasangan calon gubernur yang bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2013.

Akibat adanya isu tersebut Polda Sulselbar langsung menurunkan personel untuk mengamankan objek vital, khususnya objek yang banyak dihuni etnis tersebut.

Sementara saat ditanya tentang tindakan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk mengembalikan situasi keamanan dan perekonomian Makassar. Ilham mengatakan dirinya tidak menyiapkan strategi apapun untuk menormalisasikan situasi dan kondisi (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya