HTTP Status[404] Errno [0]

Kelenteng Bersih-bersih Menjelang Imlek

08 February 2013 01:10
Kelenteng Bersih-bersih Menjelang Imlek
Imlek
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos—Menjelang Hari Raya Imlek, warga Tionghoa pasti sibuk melakukan serangkaian kegiatan. Di antaranya meluangkan waktu berbelanja hingga membersihkan kelenteng.

Seperti di Pasar Bacan, satu-satunya pasar keturunan Tionghoa di Jalan Sulawesi, Makassar, ramai dikunjungi warga Tionghoa yang membeli pernak-pernik untuk perayaan Imlek 2564.

Di Semarang, Jawa Tengah, seperti dirilis News, warga keturunan Tionghoa di daerah tersebut memilih bersih-bersih kelenteng. Seperti yang terjadi di Vihara Budhagaya, Watugong, puluhan patung dewa di kelenteng tersebut dibersihkan, menjelang ritual pergantian tahun baru China.

Pengurus Vihara, Halim Wijaya mengatakan, tradisi ini mempunyai filosofi sendiri. Bersih-bersih patung adalah masa perenungan dan intropeksi diri terhadap segala perbuatan yang dilakukan selama setahun.

Sementara di Balikpapan, Kalimantan Timur, warga Tionghoa juga membersihkan ratusan patung di Kelenteng Guang De Mio, Pasar Baru, Balikpapan. Satu persatu patung dibersihkan dan dimandikan. Setelah itu patung dikenakan pakaian baru. Banyak pakaian tersebut khusus dipesan dari luar negeri.
Imlek & Valentine

Perayaan Imlek tahun ini bakal diselenggarakan dengan meriah. Pasalnya, beberapa pusat perbelanjaan di ibu kota Jakarta sengaja menggelar event dengan tema gabungan antara tahun baru China dengan Valentine.
Plaza Semanggi, salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan misalnya, dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek dan Valentine, seperti dirilis Inilah.com, menyelenggarakan program promosi yang bernuansa Love dengan nama “Love & Prosperity” periode 29 Januari – 28 Februari 2013.
Marketing Division Head Plaza Semanggi, Anton Anggoro menjelaskan ini pertama kalinya Plaza Semanggi menyelenggarakan promosi bertemakan Imlek dan Valentine dengan fokus pada belanja berhadiah dan pertunjukan akrobatik yang langsung didatangkan dari Henan, China.
“Selama periode promosi pengunjung juga dapat menukarkan struk belanjanya minimum senilai Rp.500.000 dengan Chinese New Year Notebook. Dan dengan Belanja minimal Rp 1.000.000,- akan mendapatkan Lucky Angpao hadiah seperti voucher belanja, pouch, iPod Touch, Blackberry, Java Jazz Daily Ticket, voucher berlibur, dan banyak lagi”, jelas Anton Anggoro dalam keteragan persnya, Kamis (7/2).
Tak hanya itu, sambung Anton, Plaza Semanggi juga terlihat serius memanjakan pengunjung dengan tampilan dekorasi yang kental bertemakan Imlek.
Sajian seni pertunjukan seperti Liong Dance, Parade Barongsai, serta Musik & Tari Oriental, hingga hiburan musik regular di area PSD level 10 yang dapat dinikmati selama periode promosi.
“Kami harap dengan mendatangkan langsung pertunjukan seni akrobat dari Henan, China serta pertunjukan khas Imlek & Valentine lainnya akan dapat memberikan pengalaman belanja yang menarik bagi pengunjung, sehingga secara langsung berdampak positif bagi para penyewa di Plaza Semanggi,” tambahnya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya