HTTP Status[404] Errno [0]

Kopertis Verifikasi Wisud awan PTS

10 February 2013 02:23
Kopertis Verifikasi Wisud awan PTS
Suasana Rakerda Kopertis IX Sulawesi di Makassar, 7-8 Pebruari 2013
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Suasana Rakerda Kopertis IX Sulawesi di Makassar, 7-8 Pebruari 2013

Suasana Rakerda Kopertis IX Sulawesi di Makassar, 7-8 Pebruari 2013

BugisPos — Kampus PTS yang akan menggelar wisuda bagi alumninya terlebih dahulu harus mendapat verifikasi dari Kopertis. Jika para wisudawan itu belum mendapat verifikasi, maka pihak Kopertis tidak akan menghadiri prosesi wisuda. Demikian salah satu rumusan dari Rakerda 2013 Kopertis Wilayah IX Sulawesi  digelar di Makassar, Kamis-Jumat, 7-8 Pebruari, pada rapat pleno dipimpin Prof.Dr.H.Andi Muin Fahmal, SH, MH.

Rakerda juga menyepakati segera membentuk Dewan Guru Besar dengan anggota berasal dari dosen Kopertis.Penilaian angka kredit untuk para dosen Kopertis, akan dibentuk tim informasi dan komunikasi, guna melakukan penelusuran karya ilmiah yang asli dan orisinal.

Perlu ada regulasi tentang pembinaan dan pengawasan dosen,  khususnya bagi para dosen yayasan yang telah tersertifikasi. ‘’Dosen yayasan yang sudah tersertifikasi harus fokus mengajar dan tidak boleh menjadikan dosen sebagai profesi sambilan ‘’ ungkap salah seorang anggota stering comite, Prof.Dr.H.Maruf Hafidz, SH, MH.

Rekomendasi lain tentang proses izin penyelenggaraan, perpanjangan dan penutupan program studi di PTS diletakkan pada kelembagaan dan sistem informasi. Setiap unit pendukung dalam jajaran kerja Kopertis wajib melaporkan rencana dan program kerja hasil kegiatan setiap akhir tahun anggaran.

Sumber daya dosen dimiliki Kopertis perlu di bagi kepada sesama kampus. Dosen Diperbantukan Kopertis (DPK), jumlahnya mencapai 1047 orang, tetapi distribusi tidak merata di beberapa kampus.

Prof.Dr.H.Muh Guntur Yusuf, M.Si salah seorang stering comite, menilai rakerda memiliki dua masalah harus menjadi perhatian, kompetensi dari sumber daya manusia yang dimiliki agar mampu melayani ketika Kopertis beralih menjadi Lembaga Layanan Perguruan Tinggi.

Kopertis ke depan harus memiliki kekuasaan untuk sampai kepada eksekusi ketika ada persoalan perguruan tinggi yang merugikan masyarakat.

Rumusan dari beberapa rekomendasi itu menurut Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Ibrahim Saman, MM akan menjadi rujukan dalam pelaksanaan program kerja untuk satu tahun kedepan (yahya)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya