HTTP Status[404] Errno [0]

Pria Indonesia yang Suka Jajan Seks

10 February 2013 02:15
Pria Indonesia yang Suka Jajan Seks
Nafsiah Mboi

BugisPos — Sah-sah saja mengatakan salahnya sendiri jika pria yang suka jajan seks akhirnya tertular HIV. Kenyataannya pria Indonesia yang suka jajan memang makin jarang pakai kondom. Tapi perlu diingat, ibu rumah tangga bisa ikut jadi korban.
Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi mengakui penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV (Human Imunodeviciency Virus) tidak terlalu menggembirakan. Penggunaan kondom dalam hubungan seks komersial terakhir turun dari 68 persen di tahun 2007 menjadi 61 persen di 2011.

Penggunaan kondom di kalangan waria justru mengalami peningkatan meski sedikit, dari 78 persen di 2007 menjadi 80 persen di 2011. Di kalangan Lelaki yang Berhubungan Seks dengan Lelaki (LSL) juga turun dari 69 persen di 2007 menjadi 68 persen di 2011.

“Ini tidak terlalu menggembirakan saudara-saudara,” komentar Menkes terkait penggunaan kondom di kalangan pria berisiko tinggi, dalam temu media di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2013).

Memang ada sedikit peningkatan jika dilihat dari hubungan seks dalam seminggu terakhir. Pemakaian kondom di kalangan pria pengguna jasa pekerja seks meningkat tipis dari 31 persen menjadi 35 persen, namun cukup memberikan harapan bahwa dalam jangka panjang akan lebih terkontrol.

Kesadaran untuk memakai kondom di kalangan pria berisiko tinggi termasuk pengguna jasa pekerja seks tidak hanya berguna untuk melindungi para pria. Jika para pria ini terinfeksi, lalu berhubungan dengan pasangan resminya maka para ibu rumah tangga yang tidak berdosa bisa ikut tertular.

Asumsinya jika dengan pekerja seks yang jelas-jelas lebih berisiko saja tidak mau pakai kondom, maka keengganan untuk pakai kondom saat berhubungan seks dengan istri sendiri biasanya akan lebih besar. Padahal jika istrinya tertular, maka saat hamil ada risiko untuk menularkannya lagi ke anak yang dikandungnya (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya