HTTP Status[404] Errno [0]

Satpol PP Tangkap Perusak Patung Becak

12 February 2013 01:45
Satpol PP Tangkap Perusak Patung Becak
Patung Becak di Losari

BugisPos — Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Makassar menyalahkan sejumlah oknum warga perusak sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti ikon Kota Makassar Pantai Losari.
“Kami kewalahan untuk menjaga sejumlah fasilitas umum, apalagi yang menjadi ikon Kota Makassar seperti Pantai Losari dan beberapa fasum dan fasos lainnya,” kata Kepala Satpol PP Makassar Alham Arifin di Makassar, Senin 11/2/13

Ia mengatakan, kerusakan yang terlihat pada ikon Kota Makassar seperti Pantai Losari itu sudah terjadi selama seminggu ini, padahal ikon tersebut belum lama atau sejak diresmikan pada akhir 2012.

Oleh karena itu, pihaknya telah menangkap sejumlah warga yang kedapatan merusak seperti beberapa patung pajangan yang berada di Pantai Losari. Salah satu patung becak yang terlihat rusak ada pada pedal kaki tersebut.

Alham mengaku jika pelaku yang ditangkap itu umumnya adalah pengamen, anak jalanan serta oknum geng motor yang melintas dan merusak sejumlah fasilitas itu.

“Kami sudah berusaha keras dan mulai melakukan penjagaan sejak pagi pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WITA. Hanya itu kemampuan kami untuk melakukan penjagaan karena personil kami sangat terbatas,” katanya.

Meskipun demikian, dirinya mengaku tetap berusaha untuk menjaga keberadaan Pantai Losari dari tindakan vandalisme yang dilakukan masyarakat.

Untuk itu, Alham menambah kekuatan personil dalam mengawasi dan menjaga pantai losari mulai jam 08.00 hingga pukul 24.00 WITA dengan dua kali penggantian personil.

“Dengan 50 personil yang setiap harinya berjaga dan penjagaan ini terbilang ekstra, sejak diresmikannya oleh Jusuf Kalla pada Desember lalu dan ini sesuai dengan perintah Wali Kota yang meminta kami berjaga ekstra,” katanya seperti dirilis Antara

Bukan hanya pengunjung yang diawasi oleh Satpol PP Makassar, tetapi mengawasi keberadaan pengamen, pedagang dan anak jalanan yang sering mengganggu kenyamanan dan ketentraman pengunjung yang sedang menikmati indahnya Pantai Losari.

Kasat Pol PP Kota Makassar sangat berharap akan kerjasama dengan Perusahaan Daerah Parkir Kota Makassar untuk mengawasi lokasi ikon kota Makassar tersebut.

“Untuk itu saya meminta agar kami bisa bersinergi dengan PD Parkir untuk mengawasi perusak anjungan losari tersebut yang merupakan fasilitas umum milik warga kota Makassar,” katanya.

Alham menjelaskan jumlah personil satpol PP sangatlah sedikit yakni hanya 300 orang.

“150 telah dibagi ke 14 kecamatan, 50 menjaga kawasan pantai losari, 20 bertugas patroli di Makassar, selebihnya menjadi staf dan menjadi satuan polisi pengamanan di balai kota (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya