HTTP Status[404] Errno [0]

Yusril Ihsa Mahendra Jadi Saksi Ahli IA di MK

12 February 2013 13:32
Yusril Ihsa Mahendra Jadi Saksi Ahli IA di MK
Yusri Ihsa Mahendra, Tim Hukum Ilham-Aziz (IA) Syahrir Cakkari dan Cawagub Sulsel Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Yusri Ihsa Mahendra, Tim Hukum Ilham-Aziz (IA) Syahrir Cakkari dan Cawagub Sulsel Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar.

Yusri Ihsa Mahendra, Tim Hukum Ilham-Aziz (IA) Syahrir Cakkari dan Cawagub Sulsel Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar.

BugisPos — Yusril Ihza Mahendra membantah kabar dirinya berada di kubu incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) atau di KPU Sulsel untuk sidang sengketa Pilgub Sulsel di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadwalkan Rabu (13/2/2013).

Sebagaimana dirilis tribun-timur.com, Yusril yang juga Ketua Majelis Syuro DPP Partai Bulan Bintang (PBB) ini menyampaikan klarifikasinya melalui Staf Ahli Ihza dan Ihza Advokat Andi Darwis, Selasa (12/2/2013).

“Pak Yusril menyampaikan klarifikasi bahwa berita itu tidak benar. Kemarin, saya dan Pak Yusril bertemu Pak Ilham-Aziz serta tim hukum IA, Pak Yusril menyatakan berada di kubu Ilham bukan Syahrul atau KPU, Pak Yusril menyatakan sebagai saksi ahli Ilham-Aziz di MK,” kata A Darwis saat dikonfirmasi Tribun Timur via telepon selularnya, Selasa (12/2).

Menurut A Darwis, sebelumnya, kubu Sayang gencar melobi dan meminta Yusril menjadi kuasa hukum atau konsultan hukum Sayang di MK. Namun, kata A Darwis, Yusril menolak.

“Ada faktor tertentu sehingga Pak Yusril menolak Syahrul. Pak Yusril lebih memilih sebagai saksi ahli Ilham-Aziz di MK, itu sudah disepakati kemarin. Adnan Buyung pun dipertanyakan jika berada di kubu Syahrul karena saat ini Adnan sebagai kuasa hukum KPU pusat. Sekali lagi, Pak Yusril itu resmi sebagai saksi ahli IA bukan yang lain,” A Darwis menambahkan.

Sidang perdana gugatan IA di MK dijadwalkan Rabu hari ini (13/2/103), pukul 10.00 Wib. Tim Hukum dan pengacara IA sudah berada di Jakarta.

Tim Hukum IA Optimis Menang di MK

Tim Hukum Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2013 Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz (IA), telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan Pilgub untuk sidang perdana di Mahkamah Konstitusi (MK), di Jakarta, dijadwalkan pukul 10.00 Wib, lusa.

Wakil Ketua Tim Hukum IA, Syahrir Cakkari, mengatakan, persiapan materi permohonan termasuk penyempurnaan permohonan sudah disiapkan tim IA dengan baik.

“Kami sangat optmis memenangkan perkara ini di MK karena memang fakta hukumnya sangat kuat bahwa telah terjadi pelanggaran aturan pemilukada secara terstruktur dan massif, ini betul-betul kejahatan politik,” kata Syahrir Cakkari kepada Tribun, Senin (11/2/2013).

Menurut Syahrir, bukti-bukti kecurangan sistematis dan massif itu akan dibongkar di MK melalui rekaman video, foto, dan keterangan saksi IA serta saksi mata lainnya.

“Untuk itu kami sudah siapkan bukti berupa bukti surat dan saksi yang juga signifikan untuk mengubah hasil pemilukada termasuk bukti berupa rekaman video kecurangan dan pelanggaran pasangan calon,” Syahrir menambahkan.

Sebelumnya, IA mendaftarkan gugatan melalui Tim hukum Syahrir Cakkari, Jamil Misbah, Syamnsuddin Radjab bersama pengacara asal Jakarta Denny Kailimang, Adiwarman, dan Refli Harun

Berkas pendaftaran diterima pihak MK, Andriani WN dengan nomor registrasi 760/PAN.MK/II/2013.

Saat dikonfirmasi, Adiwarman menyebutkan salah satu materi gugatan IA yakni, pemilu ulang di 13 daerah. Adiwarman, menegaskan bahwa ditemukan bentuk kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan massif.

Menurutnya, bentuk kecurangan dilakukan langsung pejabat daerah mulai bupati, camat, dan lurah. “Bukti sangat kuat, termasuk akan ada pemutaran film pada sidang gugatan nanti,” katanya kepada Tribun

Olehnya, lanjut Adiwarman, pihak tim hukum IA meminta MK untuk melahirkan keputusan sesuai keadilan karena begitu banyaknya pelanggaran, seperti di daerah lain.(gafar)

Â

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya