HTTP Status[404] Errno [0]

Heboh … Adil Patu Tersandung Kasus Korupsi

14 February 2013 02:39
Heboh … Adil Patu Tersandung Kasus Korupsi
Adil Patu
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Pekan ini Sulsel kembali dihebohkan dengan kasus korupsi. Adalah ketua Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Sulsel yang juga kandidat Calon Walikota Makassar, Adil Patu, ramai diberitakan tersangkut kasus korupsi uang komite sekolah di SMPN 6 Makassar dan SMAN 1 Makassar.

“Laporannya sudah masuk. Sedang diselidiki. Ada beberapa pihak yang telah kita periksa,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Nur Alim Rachim, Selasa 12/2/13 seperti dirilis BKM.
Menurut Nur Alim, berdasarkan laporan yang masuk, ada dugaan penyelewenangan dana komite di dua sekolah, yakni SMPN 6 dan SMAN 1 Makassar tahun 2009-2011. Nilai dana yang digelapkan diduga mencapai ratusan juta rupiah.
Pihak-pihak yang telah diperiksa menurut Nur Alim, diantaranya Kepala Sekolah SMPN 6 Makassar dan Kepsek SMAN 1 Makassar, bendahara kedua sekolah serta jajaran komite sekolah.
Mantan Kasi Intelijen Kejari Parepare itu menyebutkan, dari hasil penyelidikan, ditemukan adanya dugaan penyalahgunaan dana oleh Adil Patu sebagai ketua komite di SMPN 6 Makassar dan SMAN 1 Makassar.
“Selain dana sumbangan dari orangtua siswa yang dikumpul dan dikelola oleh komite, diduga diselewengkan juga dana BOS yang dikelola komite. Nilainya ratusan juta,” terang Nur Alim.

Diperiksa Pekan Depan

Setelah melakukan pengumpulan data serta bahan keterangan, tim jaksa Bagian Pidana Khusus Kejati Sulawesi Selatan mengagendakan pemeriksaan Adil Patu.

“Pekan depan kita jadwalkan pemeriksaan. Sejumlah pihak yang terkait para perkara ini sudah diperiksa beberapa hari lalu,” jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Nur Alim Rachim.
Ia mengatakan, penyelidikan yang dilakukan tim berdasarkan pada laporan masyarakat.
Nur Alim menegaskan, semua pihak yang diduga mengetahui kasus ini akan dipanggil. Ia tak menyebut apakah Adil Patu akan diperiksa bersamaan dengan beberapa pihak lain atau tidak.
”Kita tetapkan selanjutnya. Yang pasti siapa saja yang dinilai mengetahui aliran dana komite itu akan kami panggil,” katanya.
Sejumlah orang yang telah diperiksa dalam kasus ini. Antara lain mantan Kepala Sekolah SMP 6 Makassar dan SMA 1 Makassar, bendahara kedua sekolah dan jajaran komite sekolah.
“Beberapa nama yang diduga menyelewengkan dana komite itu sudah dikantongi penyidik,” ujar Nur Alim.
Mantan Kasi Intelijen Kejari Parepare itu menyebutkan, penyidik menemukan oknum pengurus komite di SMP 6 Makassar dan SMA 1 Makassar yang menyalahgunakan dana komite sejak 2009-2011.
“Sudah ada gambaran soal oknum pengurus komite yang terlibat. Selain dana sumbangan dari orangtua siswa, juga ada indikasi penyelewengan dana

Ketua Komisi D DPRD Sulsel yang juga Ketua Komite SMP Negeri 6 Makassar, HM Adil Patu, kepada wartawan mengaku merasa dizalimi terkait tudingan penggelapan dana komite sekolah. Menurutnya, kasus ini mencuat tujuh tahun lalu.
“Apa yang dituduhkan kepada saya tidak mendasar. Ini skenario untuk membunuh karier politik saya,” tandas Adil (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya