HTTP Status[404] Errno [0]

17 Kesenian Meriahkan 10 Tahun WIJC Borobudur

16 February 2013 02:34
17 Kesenian Meriahkan 10 Tahun WIJC Borobudur
Candi Borobudur
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Sebanyak 17 grup kesenian di sekitar Candi Borobudur bakal memeriahkan peringatan 10 tahun komunitas masyarakat setempat bernama Warung Info Jagad Cleguk (WIJC) Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu 16/2/13.
“Mereka akan mengikuti kirab budaya, performa ritual, dan pementasan kesenian saat peringatan komunitas kami,” kata pemimpin WIJC Borobudur Sucoro di Borobudur, Jumat.

Ia menjelaskan komunitas yang berdiri sejak 7 Februari 2003 itu, selain untuk mendorong usaha-usaha konservasi Candi Borobudur dengan kawasannya juga mengembangkan kesenian dan kepariwisataan di daerah itu.

Selain itu, pihaknya juga membangun jejaring dengan berbagai kalangan yang berkepentingan terhadap konservasi Candi Borobudur dengan kawasannya.

Berbagai kegiatan seni dan budaya yang diprakarsai WIJC selama ini di sejumlah desa di sekitar Candi Borobudur, katanya, antara lain berjudul “Ruwat Rawat Borobudur”, “Sedekah Gunung”, “Sedekah Punthuk Setumbu”, “Ritual Gaib”, “Ruwat Sengkolo”, “Renungan Budaya Siwi”, “Sedekah Sendang Suruh”, dan “Sedekah Kedung Winong”.

Pihaknya juga mendata berbagai kesenian tradisional di sekitar Candi Borobduru seperti musik “Piturut”, tarian “Ndayakan”, “Topeng Ireng”, “Jatilan”, “Kuda Lumping”, “Gatoloco”, musik islami “Slawatan”, tarian “Kubro Siswo”, “Wayang Kulit”, dan “Lengger”.

“Kami juga ingin mewujudkan masyarakat cinta seni dan budaya, serta pariwisata yang berbasis masyarakat dengan tidak meninggalkan kelestarian Borobudur,” paparnya.

Ia mengatakan peringatan 10 tahun WIJC sebagai kesempatan anggota komunitas itu merefleksikan perjalanan mereka dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan di kawasan Candi Borobudur.

Peserta peringatan antara lain akan mengikuti arak-arakan budaya dari pertinggaan Jalan Syailendraraya Borobudur menuju sekretariat WICJ di Jalan Medangkamulan Borobudur.

Peserta kirab itu antara lain kelompok seni musik “Pitutur” “Sekarsari”, “Laras Irama”, “Sholawat Jawa”, “Sri Mudatama”, tarian “Jatilan Putri”, “Topeng Ireng Satrio Mudo”, “Warok Bocah”, “Jatilan Guntur Seto”, “Seto Kawedar”.

“Sejumlah tokoh juga akan melakukan orasi budaya,” kata Sucoro (ant)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya