HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota : Camat-Lurah Segera Efektifkan Siskamling

16 February 2013 22:54
Walikota : Camat-Lurah Segera Efektifkan Siskamling
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menegaskan dan memberikan instruksi agar seluruh Camat maupun Lurah di wilayah Makassar segera mengefektifkan Siskamling.
“Mulai saat ini Camat dan Lurah mesti menjaga lingkungannya dari aksi teror yang mungkin saja kembali terjadi. Camat-Lurah harus kembali menggalakan Pamswakarsa dan Siskamling,” ujar Ilham di Makassar, Sabtu 16/2/13

Hal itu menyusul teror bom molotov yang terjadi di lima gereja di Makassar yang membuat semua pihak resah akibat aksi tersebut.

Ilham juga memerintahkan kepada 143 lurah yang ada di 14 kecamatan se-Makassar untuk kembali menggalakkan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pamswakarsa) dan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) guna menjaga keamanan kota.

“Diminta kepada Camat-Lurah tidak hanya menjaga keamanan di lingkungan masing-masing, tetapi seluruh tempat ibadah yang ada di sekitarnya. Bukan hanya gereja saja, tetapi Vihara, klenteng dan masjid harus juga dijaga,” tegasnya.

Ia menyatakan sepakat atas pendapat Mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla agar semua pihak membantu kepolisian dan penegak hukum untuk sama-sama menjaga kota makassar dari aksi teror dan kejahatan lainnya.

“Jangan hanya bergantung kepada polisi dalam mengamankan kota, ini sesuatu yang mustahil. Peran serta masyarakat harus ikut andil dalam menjaga stabilitas keamanan kota kita,” ucapnya.

Pemberdayaan masyarakat melalui Siskamling, kata dia, untuk menjaga kemanan kota dirasakan sangat perlu, meskipun siskamling sudah dilakukan, tetapi tidak efektif seperti dulu.

Pihaknya berharap agar umat nasrani tidak terpancing dan terprovokasi atas ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melemparaai gereja dengan bom molotov. Dimana mana itu tidak dibenarkan.

“Saya berharap semua jangan sampai terprovokasi. Teror itu dilakukan hanya sekelompok orang saja. Saya anggap ini murni kriminal yang dimanfaatkan sekelompok orang untuk mendapatkan momen. Dan tidak ada kaitan dengan Pilgub,” ungkapnya seperti dirilis Antara

Sebelumnya, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol J Wisnu Sandjaja menyatakan, pihaknyasaat ini sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan guna mengungkap pelaku teror tersebut.

Selain itu, polisi sedang mengumpulkan bukti-bukti dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan dari saksi-saksi termasuk mendalami hasil rekaman CCTV di Gereja Kristen Indonesia (GKI) jalan Samiun, kecamatan Ujungpandang.

“Kami sedang melakukan pemeriksaaan terhadap saksi dua Satpam gereja, namun kedua Satpam itu belum bisa menjelaskan para pelaku dan hanya menjelaskan ciri-ciri orang yang dicurigai pelaku aksi teror itu,” katanya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya