HTTP Status[404] Errno [0]

Mappinawang Cs Siapkan 50 Saksi Sayang di MK

17 February 2013 13:32
Mappinawang Cs Siapkan 50 Saksi Sayang di MK
Sidang di MK, Senin (18//2/2013) kuasa hukum Sayang, Mappinawang Cs akan menghadirkan 50 saksi.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Sidang di MK, Senin (18//2/2013) kuasa hukum Sayang, Mappinawang Cs akan menghadirkan 50 saksi.

Sidang di MK, Senin (18//2/2013) kuasa hukum Sayang, Mappinawang Cs akan menghadirkan 50 saksi.

BugisPos — Memasuki sidang keempat sengketa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel di Mahkamah Konstitusi (MK) dibilangan Jalan Medan Meredeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2013).

Pihak terkait dalam hal ini Gubernur Sulsel terpilih Syahrul Yasin Limpo, dijadwalkan akan menghadirkan sedikitnya 50 orang saksi yang akan memberikan keterangan dihadapan majelis hakim Mahduf MD.

Ke-50 saksi tersebut diketahui, merupakan saksi mata yang akan menjawab tuduhan pemohon Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar yang menuding adanya bentuk kecurangan yang terstruktur, sistematis dan massif yang terjadi di beberapa daerah pada saat pencoblosan 22 Januari lalu.

“Saksi yang akan kami hadirkan ini rata-rata yang terlibat langsung di lapangan pada proses pencoblosan beberapa waktu lalu. Dan mereka lah nanti yang akan menjawab seluruh tuduhan pemohon,” ujar Koordinator Kapal Induk Haris Yasin Limpo, Minggu (17/2/2013) , seperti dikutip dari Tribun Timu.com.

Dia menjelaskan ke 50 saksi yang diterbangkan dari Makassar ke Jakarta pagi tadi sesuai permintaan penasehat hukum Sayang jilid 2 Adnan Buyung Nasution CS.

Selain itu , kapal induk juga masih mempersiapkan beberapa saksi kemungkinan masih  diperlukan.

“Saksi yang dihadirkan pada persidangan besok, Senin (19/2/2013) di MK merupakan saksi dari seluruh kabupaten/kota,” katanya.

Ketua fraksi Golkar DPRD Makassar ini menambahkan bila saksi yang diberangkatkan tahap kedua ini menambah jumlah saksi yang diberangkatkan sebelumnya yakni 20 orang.

“Ke 20 orang saksi tersebut  terdiri dari unsur saksi yang ada TPS, PPK kab/kota dan provinsi serta tokoh masyarakat maupun orang yang  terlibat langsung di peristiwa yang diajukan sehingga nanti fakta yang diungkapkan akan ketahuan siapa yang sebenarnya merekayasa atau telah memberikan keterangan palsu di persidangan beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Salah satu point yang akan diterangkan sejumlah saksi di persidangan nantinya yakni terkait tuduhan pihak penggugat terkait pencoblosan simetris dan soal kasus dugaan penganiayaan yang Bupati Wajo Burhanuddin Unru yang disangkakan oleh pihak pemohon.

“Semua ini akan terjawab nantinya dipersidangan,” ujar adik kandung Gubernur Sulsel ini mengaku kesaksian mereka juga akan diperkuat dengan dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Selain pihak terkait atau Sayang yang telah mempersiapkan puluhan orang saksinya. Pihak tergugat dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel juga telah mempersiapkan saksinya.

Melalui kuasa hukum KPU Sulsel Mappinawang, kepada Tribun dirinya mengaku jumlah saksi yang telah dipersiapkan untuk menjawab dan membantah seluruh tudingan IA baik terkait kecurangan di sejumlah kabupaten/kota maupun soal pengalihan suara dari partai politik berjumlah 15 orang.

“Untuk saksi kami persiapkan 15 orang sesuai dengan kebutuhan dipersidangan soal jawaban tuduhan IA,” kata Mappinawang saat dikonfirmasi melalui via teleponnya, sore tadi.

Tak hanya persiapan saksi saja, KPU juga akan memasukkan 124 item surat bukti administrasi termasuk soal pengalihan dukungan partai politik dari pasangan calon yang satu ke yang lainnya serta verifikasi parpol.

“Yang pasti semua tuduhan pemohon akan kami jawab berdasarkan bukti dan dokumen yang kita pegang,” tegas pengacara KPU Sulsel ini.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya