HTTP Status[404] Errno [0]

Panjang Umur Jika Istrinya Lebih Muda

21 February 2013 06:15
Panjang Umur Jika Istrinya Lebih Muda
Illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Banyak ditemui para pria yang mempersunting wanita berusia jauh lebih muda dari dirinya. Wanita muda memang nampaknya dianggap lebih menarik ketimbang yang sudah tua. Sebuah penelitian menemukan bahwa berpasangan dengan wanita lebih muda akan membuat pria berumur panjang.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti Max Plank Institute di Jerman. Para peneliti melihat data kematian tahun 1990 sampai 2005 seluruh warga Denmark. Hasil penelitian menemukan bahwa peluang pria untuk cepat meninggal berkurang hingga 20 persen jika memiliki pasangan berusia 15-17 tahun lebih muda.

Risiko kematian suami yang usianya 7-9 tahun lebih tua berkurang hingga 11 persen ketimbang suami yang memiliiki pasangan dengan usia yang sama. Kenaikan angka harapan hidup pria yang memiliki istri lebih muda ini diduga disebabkan karena wanita yang lebih muda akan lebih telaten merawat suaminya.

Sayangnya, efek selisih umur ini malah berakibat buruk bagi wanita. Semakin besar perbedaan usia dari suaminya, usia harapan hidup sang istri jadi lebih rendah. Hubungan ini terlepas dari apakah wanita lebih muda atau lebih tua dari suaminya.

Dalam penelitian yang dimuat jurnal Demography, peneliti menemukan bahwa wanita yang menikahi pria berusia 7 – 9 tahun lebih muda akan meningkat risiko kematiannya sebesar 20 persen. Oleh karena itu, peneliti melihat bahwa kebanyakan wanita sehat tidak berupaya mengejar laki-laki yang lebih muda.

Namun beberapa penelitian menemukan bahwa kebanyakan wanita lebih suka dengan pria yang sepantaran, namun kebanyakan d antaranya malah berakhir menikah dengan orang yang lebih tua. Di AS, usia rata-rata seorang suami adalah 2,3 tahun lebih tua dari istrinya.

“Salah satu penjelasan yang mungkin adalah, beberapa wanita yang berpasangan dengan suami lebih muda dianggap melanggar norma-norma sosial dan dengan demikian menderita sanksi sosial,” kata peneliti, Sven Drefahl seperti dilansir Medical News Today, Rabu (20/2/2013) dan dirilis detik.com

Karena menikah dengan suami yang lebih muda dianggap menyimpang dari anggapan normal, pasangan ini dianggap sebagai orang luar dan kurang diterima secara sosial. Hal ini akan membuat pernikahan kurang menyenangkan, stres dan akhirnya meningkatkan risiko kematian (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya