HTTP Status[404] Errno [0]

Tradisi Menangkap Cacing Laut di Lombok

21 February 2013 06:17
Tradisi Menangkap Cacing Laut di Lombok
Cacing laut hasil tangkapan

BugisPos — Tradisi “bau nyale” (menangkap cacing laut) di objek wisata Pantai Seger, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah pada 2013 akan digelar secara meriah guna menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah H Lalu Putria di Praya, Rabu, mengatakan tradisi bau nyale yang akan digelar pada 2-3 Maret 2013 akan berlangsung lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tradisi bau nyale yang digelar setiap tahun di objek wisata Pantai Seger, Desa Kuta Kecamatan Pujut dibanjiri puluhan ribu pengunjung termausk wisatawan mancanegara. Pada 2013 ini kita harapkan lebih ramai lagi. Persiapan telah dilaksanakan sejak enam bulan lalu,” katanya seperti dirilis Antara

Ia mengatakan, pihaknya akan mengundang kalangan pers dari dalam dan luar negeri untuk meliput acara bau nyale agar gaungnya bisa sampai ke seluruh dunia. Tradisi bau nyale telah menjadi kalender tahunan pariwisata NTB.

Untuk menginformasikan mengenai acara bau nyale tersebut Pemkab Lombok Tengah juga telah menyebearluaskan melalui jaringan internet termasok objek-objek wisata menarik lainnya yang ada di daerah ini.

Acara bau nyele akan diisi dengan berbagai atraksi budaya, antara lain drama musik kolosal yang menceritakan kisah legenda Putri Mandalika yang melibatkan ribuan seniman dan tokoh adat di Kabupaten Lombok Tengah termasuk para siswa.

Selain itu juga akan digelar parade budaya melibatkan para seniman dan masyarakat dari 131 desa di 15 kecamatan se-Kabupaten Lombok Tengah termasuk dari satuna kerja perangkat daerah (SKPD).

Ritual bau nyale juga akan dimeriahkan dengan permainan rakyat, seperti “perisaian” (saling pukul dengan rotan dilengkapi tameng terbuat dari kulit kerbau) dan sejumlah kesenian lainnya (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya