HTTP Status[404] Errno [0]

Pelantikan Gubernur Sultra Diwarnai Aksi Demo

02 March 2013 16:42
Pelantikan Gubernur Sultra Diwarnai Aksi Demo
Mendagri Gamawan Fawzi melantik Gubernur/Wakil Gubernur terpilih Sulawesi Tenggara Nur Alam - Saleh La Sata beberapa waktu lalu.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Mendagri Gamawan Fawzi melantik Gubernur/Wakil Gubernur terpilih Sulawesi Tenggara Nur Alam - Saleh La Sata beberapa waktu lalu.

Mendagri Gamawan Fawzi melantik Gubernur/Wakil Gubernur terpilih Sulawesi Tenggara Nur Alam – Saleh La Sata beberapa waktu lalu.

BugisPos —Â Pelantikan Gubernur Sulawesi tenggara (Sultra) terpilih, Nur Alam – Saleh Lasata (Nusa) di Gedung DPRD Sultra beberapa waktu lalu harus terusik dengan aksi demonstrasi massa.

Massa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat dan Mahasiswa Sultra menuntut agar adanya dugaan  pungutan liar alias pungli yang dilakukan Gubernur Sultra lewat Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 8 tahun 2012 tentang pungutan pihak ketiga, dapat diusut tuntas.

Aksi demonstran memaksa aparat kepolisian yang mengamankan jalannya prosesi pelantikan yang diperkirakan sebanyak 1800 personil, terpaksa harus bekerja ekstra mengamankan massa agar tidak menerobos masuk ke dalam gedung DPRD.

Karena merasa kecewa tidak bisa menerobos pagar betis aparat keamanan, massa bertindak sedikit anarkis. Sebuah mobil dinas pelat merah milik Puskesmas Poasia dengan nomor polisi DT 7255 E yang melintas di Jalan MT Haryono menjadi bulan-bulanan.

Mobil tersebut seketika dibakar. Polisi pun mengamankan 2 orang yang diduga terlibat dalam aksi pembakaran mobil tersebut.

Gubernur se-Sulawesi Turut Hadir

Seremoni acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, NurAlam – Saleh Lasata  periode 2013 – 2018 langsung dihadiri Mendagri Gamawan Fawzi yang mengambil sumpah dan janji Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih ini.

Turut hadir pada pelantikan tersebut adalah para Gubernur se-Sulawesi termasuk gubernur terpilih Sulsel yang tidak lama juga akan dilantik, Syahrul Yasun Limpo, Ketua KPU Pusat, Husni Kamil, Wakil Ketua DPD Â La ode Ida, Pangdam Wirabuana Mayjen (TNI) Muhammad Nizam, mantan Kapolda Sultra Irjen (Pol) Sigit Sudarmanto, mantan Danrem 143/HO, Taufik Hidayat, Kapolda Sultra, Brigjen (Pol) Ngadino, unsur muspida serta sejumlah undangan lainnya.

Wartawan Kecewa Tak Diperkenankan Meliput Pelantikan

Begitu ketatnya acara pelantikan tersebut, hingga ada sejumlah wrtawan dari media massa tidak diperkenankan masuk. Meskipun dengan tujuan untuk meliput momen penting tersebut.

“Kami mohon maaf, wartawan yang tidak memegang undangan, tidak diperkenankan masuk meliput. Ini perintah langsung dari atasan, jadi sekali lagi mohon maaf,” ujar seorang perwira polisi yang bertugas mengamankan acara pelantikan di gedung DPRD Sultra.

Wartawan yang tujuannya ingin meliput momentum penting lima tahunan ini, terpaksa harus menelan kekecewaan.(arfan/gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya