HTTP Status[404] Errno [0]

Pelantikan Sayang 8 April, Undang 32 Gubernur

10 March 2013 09:14
Pelantikan Sayang 8 April, Undang 32 Gubernur
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Syahrul YL-Agsu AN (Sayang) tanggal 8 April 2013, mengundang 32 gubernur se-Indonesia.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Syahrul YL-Agsu AN (Sayang) tanggal 8 April 2013, mengundang 32 gubernur se-Indonesia.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Syahrul YL-Agsu AN (Sayang) tanggal 8 April 2013, mengundang 32 gubernur se-Indonesia.

BugisPos — Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2013-2018, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Numang (Sayang), 8 April mendatang, bakal dihadiri 32 gubernur seluruh Indonesia.

Sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul akan mengundang seluruh gubernur yang juga anggota APPSI.

Sebagaimana dikutip dari CAKRAWALA online, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Abdul Kadir Marsali, membeberkan rencana mengundang seluruh gubernur se-Indonesia pada pelantikan tersebut.

Kadir di ruang kerjanya, Selasa, 4 Maret, mengungkapkan, jika pada periode pertama lima tahun sebelumnya, undangan pelantikan Sayang mencapai 6 ribu orang, maka untuk pelantikan periode kedua ini dimungkinkan membeludak.

“Saya kira kali ini lebih banyak undangan lagi karena sekarang Pak Gub (Syahrul) adalah Ketua APPSI. Gubernur se-Indonesia pasti diundang,” kata Kadir.

Kadir mengungkapkan, sebagai penyelenggara pelantikan, pihaknya akan segera merapatkan rencana lokasi pelantikan dengan unsur pimpinan DPRD Sulsel dan anggota DPRD Sulsel.

“Kita akan rapatkan lagi soal tempat. Apakah di lapangan terbuka atau gedung. Dan yang saya dengar cenderung di luar gedung. Opsi lokasi di luar gedung ada dua, yakni Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, atau di Benteng Somba Opu. Tapi kemungkinan besar digelar di rujab, seperti lima tahun lalu,” ujar Kadir.

Bukan hanya gubernur se-Indonesia yang diprediksi menghadiri pelantikan. Presiden RI, Suliso Bambang Yudhoyono (SBY) juga diprediksi bakal hadir langsung.

Pasalnya, sebagai Ketua APPSI, Syahrul dan SBY cukup dekat. Berulang kali SBY mengundang Syahrul untuk menemaninya pada acara kenegaraan. Termasuk kunjungan ke Berlin, Jerman.

Syahrul bahkan dikabarkan mengundang langsung SBY saat tengah bersama di Berlin untuk menghadiri pelantikannya sekira tidak berhalangan.

Kemarin, DPRD Sulsel menerima surat masuk dari KPU Sulsel nomor 221/KPU-Pro-025/III/2013 terkait sengketa Pilgub Sulsel di MK dengan nomor perkara No 10/PHPU.D-XI/2013.

Sengketa Pilgub Sulsel dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2 (Syahrul-Agus) berdasarkan keputusan yang dibacakan Ketua MK Mahfud MD 26 Februari lalu.

Usai menerima SK salinan putusan dari MK melalui KPU Sulsel yang diantar langsung oleh salah seorang staf KPU Sulsel bernama Tuti, menurut Kadir, pihaknya akan segera menyerahkan berkas tersebut ke unsur pimpinan untuk kemudian dibahas lebih lanjut sebelum diserahkan ke Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

“Setelah kita teliti, semua persyaratannya sudah sudah lengkap dan sudah bisa diajukan ke unsur pimpinan untuk dirapatkan tindaklanjutnya nanti,” kata Kadir.

Sementara, Kabag Persidangan DPRD Sulsel AM Rizal Saleh menjelaskan, berdasarkan Pasal 109 ayat 3 UU RI nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan pasal 99 ayat 1 Tentang Peraturan Pemerintah RI Nomor 6 tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

DPRD provinsi harus mengusulkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih, selambat-lambatnya dalam waktu tiga hari kepada Presiden melalui Mendagri berdasarkan berita acara penetapan pasangan calon terpilih dari KPUD provinsi dan dilengkapi berkas pemilihan untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan.

“Makanya setelah berkasnya diserahkan akan digelar rapat. Dan setelah disetujui kemudian dikirim ke Presiden melalui Mendagri untuk rencana rapat paripurna istimewa pelantikan Syahrul-Agus sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulsel,” kata Rizal.

Humas KPU Sulsel Asrar Marlang yang dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya telah mengantarkan berkas salinan putusan MK soal sengketa Pilgub Sulsel ke DPRD untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Betul, berkas salinan putusannya sudah kita kirim ke DPRD Sulsel,” kata Asrar mengaku tidak tahu menahu soal berapa besaran jumlah anggaran pelantikan tersebut.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya