HTTP Status[404] Errno [0]

Dapil Caleg Kota Makassar Berubah

14 March 2013 17:33
Dapil Caleg Kota Makassar Berubah
KPU Pusat telah menetapkan perubahan dapil caleg 2014 Kota Makassar.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
KPU Pusat telah menetapkan perubahan dapil caleg 2014 Kota Makassar.

KPU Pusat telah menetapkan perubahan dapil caleg 2014 Kota Makassar.

BugisPos — Daerah pemilihan Kota Makassar utk pemilu 2014 terjadi perubahan nama dapil. Berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 118/Kpts/KPU/tahun 2013 tertanggal 9 maret 2013.

Dapil 1 meliputi Kecamatan Makassar, Ujungpandang dan Rappocini (tidak berubah). Dapil 2 meliputi Wajo, Bontoala, Tallo dan Ujung Tanah (sebelumnya dapil 4). Dapil 3 meliputi Biringkanaya dan Tamalanrea (sebelumnya Dapil 5).

 Dapil 4 meliputi Panakukang dan Manggala (sebelumnya Dapil 3). Dapil 5 meliputi Mariso, Mamajamg dan Tamalate (sebelumnya Dapil 2).  Dapil 1 = 9 kursi, Dapil 2 = 10 kursi, Dapil 3 = 10 kursi, Dapil 4 Penetapan =  10 kursi dan Dapil 5 = 11 kursi.

Sebagaimana dirilis FAJAR online, perubahan ini menurut Anggota KPU Makassar, Izdin Idrus dilakukan oleh KPU RI berdasarkan kajian dengan melihat semua aspek dan prinsip-prinsip penataan dan penetapan  dapil.

 “Sesuai peraturan PKPU nomor 5 tahun 2013 ada 7 prinsip penataan dan penetapan dapil, yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, wilayah dalam cakupan yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Perubahan yang terjadi di Makassar adalah pergeseran jumlah kursi antar dapil dan perubahan nama dapil,” katanya.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya