HTTP Status[404] Errno [0]

Pemkot Ajak Masyarakat Kawal Penggunaan APBD

15 March 2013 01:06
Pemkot Ajak Masyarakat Kawal Penggunaan APBD
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah Kota Makassar membuktikan tekad untuk mengedepankan transparansi dalam menjalankan pemamfaatan anggaran keuangan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2013, dengan menggelar kegiatan sosialisasi Anggaran Kota Makassar 2013, Rabu(13/03) di hotel Singgasana Makassar. Kegiatan ini diikuti sejumlah akademisi, LPM se-kota Makassar dan forum LPM serta berbagai instansi lingkup Pemkot.

Wujud transparansi kepada segenap lapisan masyarakat merupakan bagian dari tujuan Pemkot yang dipimpin walikota Ilham Arief Sirajuddin untuk melibatkan partisipasi seluruh elemen dalam mengawal penggunaan anggaran pembangunan daerah tersebut.
Walikota Ilham Arief Sirajuddin ketika membuka kegiatan menyatakan, era sekarang ini telah menuntut setiap penyelenggara pemerintah untuk selalu terbuka dalam setiap langkah-langkah pembangunan yang menyangkut kepentingan masyarakat.
“Dan Pemkot Makassar merupakan satu-satunya pemerintah di Sulsel yang secara terbuka melibatkan partisipasi seluruh masyarakat untuk mengawal penggunaan anggaran yang telah dituangkan dalam APBD 2013,” ujar Ilham.
Untuk tahun anggaran 2013 ini, pemkot telah mengalokasikan dana hingga 2,09 T untuk membiaya berbagai kegiatan pembangunan selama satu tahun anggaran. Dari jumlah ini penyerapan alokasi anggaran terbesar pada tiga pos utama yakni dana Pendidikan yang menyerap hingga 46 persen dari total anggaran, disusul Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kesehatan. Dari tiga pos ini nilai serapan anggaran mencapai 80 persen dari total anggaran. Sehingga sisa anggaran sebasar 20 persen dibagi pada berbagai sektor kegiatan lain.
“Dari komposisi ini, sektor pembiayaan pendidikan, infrastruktur dan kesehatan yang paling menyita APBD. Dengan demikian kita juga berharap tiga sektor ini bisa berkontribusi besar bagi daerah,” ujar Ilham.
Sementara untuk realisasi janji Pemkot untuk mengalokasikan dana Rp.50 juta per-kelurahan juga akan dicairkan dalam TA 2013 ini. Dana penguatan struktur ekonomi kelurahan ini akan dikelola sendiri oleh masyarakat melalui LPM dan disalurkan melalui anggaran Kelurahan. Adapun dana stimulus Rp. 500 juta bagi LPM juga segera dicairkan dengan berdasar pada platform anggaran yang ditentukan LPM sendiri.
Kegiatan sosialisasi APBD dilaksanakan kantor Bappeda kota Makassar sebagai acuan bagi pelaksanaan penggunaan Anggaran yang kredibel.
“Jumlah peserta kegiatan sebanyak 200 orang dan dilaksanakan sehari penuh,” ujar Kepala Bappeda Ibrahim Saleh (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya