HTTP Status[404] Errno [0]

Pelayanan Perizinan Pemkot Harus Pangkas Birokrasi

16 March 2013 03:33
Pelayanan Perizinan Pemkot Harus Pangkas Birokrasi
Illustrasi

BugisPos — Ketua Ombudsman Kota Makassar, Dr Muliyadi Hamid mengatakan, pelayanan perizinan Pemkot Makassar harus memangkas jalur birokrasi yang berbelit-belit.
“Hal ini mencermati bahwa pelayanan perizinan di Pemkot Makassar masih menerapkan konsep pelayan publik yang terlalu birokratif,” kata Muliyadi di Makassar, Jumat 15/3/13

Dia mengatakan, akibat kondisi tersebut, sejumlah oknum yang mengurus perizinan harus menunggu waktu yang relatif lama. Tak hanya itu, dengan waktu yang lama, tentu secara simultan juga akan mengeluarkan biaya yang banyak.

Kondisi itu, lanjut dia, otomatis dapat menghambat proses pelayanan Pemkot ke publik. Sebagai gambaran, proses pelayan perizinan di Pemkot dapat menghabiskan waktu selama 76 hari dan harus melewati sebelas tahapan dengan biaya 78 persen dari pendapatan perkapita masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Bank Dunia pada 2009 yang kemudian menjadi salah satu referensi Mulyadi untuk meraih gelar doktornya pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar beberapa waktu lalu.

“Padahal waktu yang dibutuhkan paling lama hanya 50 hari. Hal itu disebabkan karena pola pelayanan yang terlalu birokratif,” katanya seperti dirilis Antara

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, untuk mewujudkan pelayanan perizinan yang mudah, Pemkot harus melakukan perubahan secara struktural menuju pelayanan berbasis satu pintu.

Dia mengatakan, strukturnya harus lebih ramping, fungsional dan tidak birokratif. Karena pelayanan itu kalau terlalu birokratis pasti akan memakan waktu lama.

“Untuk menerapakan pelayanan birokrasi satu pintu, sangatlah mungkin diterapkan. Pasalnya peraturan tersebut juga telah didukung oleh perangkat hukum diataranya Permendagri nomor 24 tahun 2006, sementara dari sisi kelembagaan juga telah diatur pada Permendagri nomor 20 tahun 2008,” katanya (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya