HTTP Status[404] Errno [0]

Pejabat Pemkot Makassar yang Bakal Dicopot

18 March 2013 02:22
Pejabat Pemkot Makassar yang Bakal Dicopot
Kasim Wahab
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Mutasi di lingkup Pemkot Makassar, yang tadinya akan dilangsung bulan Maret ini, ternyata mengalami penundaan hingga ke bulan April 2013 mendatang. Hal ini dipertegas, tatkala Kepala BKD Muh Kasim menghadap ke Walikota dua pecan lalu untuk berkonsultasi tentang persiapan mutasi, ternyata Walikota Ilham Arief Sirajuddin mengatakan ; ya nanti pi bulan April kita mutasi, seperti ditirukan Kasim.

Molornya mutasi jilid satu tahun 2013 ini, kata sebuah sumber, karena menunggu akhir masa tugas Kadis DTRB Andi Oddang Wawo, yang pensiun pada tanggal 27 April 2013. Hal serupa juga pernah terjadi atas diri Kadis Pendapatan Sabbir L Ondo. Mutasi waktu itu molor karena menunggu masa pensiun Sabbir.

Bakal Dicopot

Mutasi pejabat struktural eselon lingkup Pemkot Makassar akan digelar secara bertahap. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Makassar dan wali kota memprioritaskan untuk memutasi pejabat eselon yang berkasus hukum. Kasus paling menonjol adalah pungutan liar atau pungli, kasus pidana lain, hingga menyandang status tersangka.

Pejabat pungli juga paling banyak dilaporkan dan dikeluhkan warga, termasuk instansi. “Pungli telah memperburuk citra pemerintahan di Makassar. Kami di baperjakat telah berkomitmen untuk mencopot pejabat pungli dan berkasus,” kata Sekretaris Baperjakat, Muh Kasim Wahab, Minggu (17/3/2013).

Pungli di Makassar berulang kali mendapatkan sorotan dari Ombudsman RI dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Aksi para oknum pejabat yang terlibat terekam kamera tersembunyi. Kasim mengatakan, baperjakat telah memiliki catatan pejabat terlibat pungli. Mulai dari tingkat pemerintahan kelurahan, kecamatan, dan instansi lain pemberi layanan publik, semisal dinas dan kantor.

Pungli:

* Camat Bontoala, Supardi A Syam
* Camat Mamajang, Haeruddin
* Camat Tamalate, Ferdi A Amin
* Sekcam Manggala, Anshar Umar

Kasus lain:

* Camat Tamalate, Ferdi A Amin (kasus sengketa tanah)
* Camat Mariso, Andi Amir Idrus (kasus reklamasi pantai)

Tersangka:

* Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Makassar, Ismounandar (korupsi proyek irigasi di Pangkep)
* Lurah Tamalanrea Indah (nonaktif), M Touchid Mansur

Instansi pungli (data dari Ombudsman RI):

* Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Kota Makassar
* RS Umum Daya
* Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar

(una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya