HTTP Status[404] Errno [0]

Hadapi Arab Saudi, RD Waspadai Umpan Lambung

22 March 2013 00:46
Hadapi Arab Saudi, RD Waspadai Umpan Lambung
Pelatih Timnas Garuda Rahmad Darmawan "RD" akan mewaspadai serangan-serangan sayap saat kontra Arab Saudi, Sabtu, (23/3/2013).
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Pelatih Timnas Garuda Rahmad Darmawan "RD" akan mewaspadai serangan-serangan sayap saat kontra Arab Saudi, Sabtu, (23/3/2013).

Pelatih Timnas Garuda Rahmad Darmawan “RD” akan mewaspadai serangan-serangan sayap saat kontra Arab Saudi, Sabtu, (23/3/2013).

BugisPos — Pelatih sementara tim nasional Indonesia, Rahmad “RD” Darmawan, sudah memiliki kerangka skuad inti untuk melawan Arab Saudi dalam pertandingan lanjutan Pra-Piala Asia Australia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3/2013). Namun, RD memilih merahasiakannya.

Saat ini, terdapat 28 pemain yang lolos dari seleksi timnas. Nantinya, jumlah pemain tersebut akan disusutkan menjadi 23 pemain terpilih.

“Jadi, untuk 23 pemain tidak akan diumumkan seperti kemarin. Nanti Anda bisa melihatnya ketika pertandingan. Dua puluh tiga pemain yang mengenakan kaos timnas saat pertandingan, itu yang lolos,” tutur RD kepada wartawan seusai memimpin latihan timnas di Lapangan Sutasoma 77 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/3/2013) sore.

Dari latihan tadi, sudah terlihat bayangan skuad inti ketika pemain dibagi dalam dua kubu yakni tim biru dan tim hijau.

Tim biru diperkuat Kurnia Meiga; Victor Igbonefo, M Robby, Supardi; Ponaryo Astama, Raphael Maitimo, Boaz Solossa, Ian Louis Kabes, Greg Nwokolo, dan Sergio van Dijk. Sementara Samsidar; Abdulrahman, Hamka Hamzah, Tony Sucipto, Ricardo Salampessy, M Taufiq, Ahmad Bustomi, Andik Vermansah, Firman Utina, dan Titus Bonai memperkuat tim hijau.

Tim biru terlihat lebih solid dalam melancarkan serangan. RD pun tak banyak melakukan pergantian dalam tim ini jika dibandingan tim hijau. Pelatih asal Lampung tersebut sempat beberapa kali melakukan bongkar-pasang seperti Tibo yang diganti oleh Ferinando Pahabol. Pahabol dan Andik bertukar posisi.

Menghadapi para pemain Arab Saudi yang berpostur di atas rata-rata pemain Indonesia, RD akan menyiasatinya, salah satunya mengantisipasi umpan lambung dan bola-bola mati lawan.

Disebutkan sebagaimana dirilis KOMPAS.com, ada empat pemain lawan yang paling diwaspadai RD, yakni Salman Al-Faraj, Taisir Al-Jassim, Fahad Al-Muwallad, dan Mustafa Al-Bassas. Mereka dinilai pria yang juga menukangi Arema Indonesia itu, memiliki kepiawaian khusus untuk mengejutkan lawan melalui bola-bola mati.

“Saya hanya ingin lini pertahanan kita bisa fokus dalam dua situasi. Pertama, bagaimana para pemain membaca skema bola-bola mati dan kedua, bagaimana kita (dapat) menahan gempuran dari lini kedua. Namun, dalam beberapa situasi, justru set piece mereka yang sangat berbahaya,” tegas RD.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya