HTTP Status[404] Errno [0]

Survei Supomo Guntur Masih yang Tertinggi

25 March 2013 03:43
Survei Supomo Guntur Masih yang Tertinggi
Supomo Guntur
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Bakal calon walikota Makassar, Supomo Guntur, masih unggul jauh di atas rivalnya yang juga mencalonkan diri sebagai Walikota Makassar periode 2014-2019 mendatang. Respon masyarakat terhadap pencalonan Supomo Guntur masih sangat tinggi.

Hasil survei yang dilakukan oleh Society Research and Humanity Development (Serum) Institute, Supomo Guntur, berada di posisi teratas, menyusul Adil Patu.

Direktur Serum Institute, Andi Aliarmunanto, menjelaskan, survei dilakukan untuk mengukur tingkat popularitas, akseptabilitas atau kesukaan dan elektabilitas atau keterpilihan seluruh figur yang disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon walikota Makassar saat ini.

“Hasilnya, pak Supomo Guntur bersama Adil Patu unggul jauh dari semua kandidat lainnya,” ujar Andi Aliarmunanto, Minggu 24/3/13 seperti dirilis tribun-timur.com

Untuk tingkat popularitas, jelas dia, Supomo dan Adil sama berada di posisi 75,25 persen. Sementara kandidat lainnya, seperti Rusdin Abdullah, Haris Yasin Limpo, Dewi Yasin Limpo, Apiaty Amin Syam, Adi Rasyid Ali, Andry Arief Bulu, Danny Pomanto dan beberapa lainnya, masih jauh di bawah 50 persen.

Kemudian untuk tingkat akseptabilitas atau kesukaan, menjadi Walikota, jelas dia, posisi Adil Patu dan Supomo Guntur masih unggul jauh pula. Adil Patu berada di posisi 49 persen, Supomo Guntur 46,75 persen.

Sedangkan Rusdin Abdullah 28,5 persen, Haris Yasin Limpo 23,5 persen, dan kandidat lainnya di bawah 20 persen.

Sementara untuk tingkat elektabilitas dan keterpilihan, jelas dia, posisi Adil Patu dan Supomo Guntur, masih tetap sama berada dalam taraf margin of error.

Adil Patu memperoleh 19,3 persen dan Supomo Guntur 21,3 persen.

“Untuk kandidat lainnya masih jauh di bawah 10 persen. Mereka rata-rata berada di bawah posisi 5 persen,” katanya.
Dikatakan Aliarmunanto, meski Rusdin Abdullah berada di urutan ketiga, jarak hasil surveinya cukup jauh dibandingkan dengan Adil Patu dan Supomo Guntur. Apalagi dengan kandidat-kandidat lainnya.

“Kami melihat terjadi rivalitas yang sengit antara Pak Adil dan Pak Supomo,” ujarnya.

Meski begitu, jelas dia, baik Adil Patu maupun Supomo belum mencapai tingkat popularitas, akseptablilitas dan elektabilitas, maksimal.

Apalagi jumlah warga yang belum menentukan pilihannya juga cukup tinggi, yakni mencapai 40 persen lebih.

“Masih cukup banyak massa mengambang yang harus diburu oleh masing-masing kandidat,” ujar Andi Aliarmunanto.

Survei dilakukan pada 21-24 Februari 2013 dengan jumlah responden 400 orang yang terdistribusi di 14 kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Kerja Bakti di Borong

Supomo Guntur belakangan ini kian gencar melakukan sosialisasi. Liburan akhir pekan pun dimanfaatkan untuk turun ke masyarakat. Minggu kemarin misalnya, Ketua Golkar Makassar ini, menyisir dua kecamatan, yakni Manggala dan Panakkukang.

SG, sapaan akrab Supomo Guntur yang gencar melakukan sosialisasi dengan tagline “SG Clean”, mengawali kegiatan Minggu pagi dengan berkunjung ke RW 9 Kelurahan Borong. Di lokasi ini Wakil Wali Kota Makassar tersebut melakukan kerja bakti dengan warga setempat.

Supomo didampingi sejumlah pengurus Golkar, seperti Thalib Ukkas, Mallombassi Hamka dan Ketua Ketua RT setempat. Dalam kesempatan itu, Supomo kembali mengajak warga agar terus menjaga kebersihan.

”Kalau tidak bisa membersihkan, janganlah mengotori. Ini tanggug jawab kita bersama,” kata Supomo di hadapan warga. Usai berkunjung ke Borong, Supomo dan tim kemudian bergerak ke Pampang, Kecamatan Panakkukang.

Di wilayah padat penduduk ini, Supomo juga disambut ketua ketua RW dan RT setempat, para tokoh masyarakat dan tokoh masyarakat asal Toraja. Ia juga menyempatkan waktu mengunjungi gereja Toraja, jemaat Siporennu dan disambut pendeta Amos Patadungan.

Wakil Ketua Golkar Makassar, Rahman Pina mengatakan, kegiatan Supomo tersebut bukan dilakukan kali ini saja, tapi sejak menjabat wakil wali kota memang Supomo sangat intens melakukan kunjungan ke pemukiman-pemukiman warga (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya