HTTP Status[404] Errno [0]

Pemkot Gandeng 3 Bank Untuk Pembayaran PBB

27 March 2013 04:27
Pemkot Gandeng 3 Bank Untuk Pembayaran PBB
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggandeng 3 bank nasional dalam hal pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Tiga Bank yang bekerjasama dengan Pemkot Makassar yaitu BNI, Bank Sulselbar, dan BTN. Dengan adanya kerjasama tersebut nantinya masyarakat Makassar bisa membayar PBB dengan cara online, selain itu masyarakat bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran PBB. Kerjasama Pemkot Makassar dengan tiga bank dilanjutkan dengan penadatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan di ruang kerja Walikota Makassar kantor Balaikota Makassar, Senin 25/3/13.
Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin yang ditemui usai penandatangan MoU tersebut menjelaskan selama bekerjasama dengan tiga Bank yang sudah bertaraf Nasional tersebut Pemkot Makassar setiap tahunnya bisa meningkatkan pendapatan dari PBB setiap tahunnya. Apalagi pada tahun 2013 Pemkot Makassar menargetkan pendapatan dari PBB sebsar Rp 77 miliar. ” bekerjasama dengan tiga bank tersebut membuat keuntungan bagi Pmekot Makassar dan masyarakat. Dengan adanya kerjasama tersebut masyarakat tidak susah dan mengahbiskan waktu untuk membayar PBB,” ujarnya.Ilham menambahkan dengan adanya kerjasama ini pemkot mengharapkan masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengakses pelayanan pembayaran PBB-nya. Walikota dua periode ini juga mengatakan, jangkauan pelayanan perbankan yang diberikan ketiga bank tersebut mencapai hingga ke pelosok kelurahan sehingga masyarakat tidak lagi repot mengurus pajaknya.
“Selama ini target pemasukan PBB kota Makassar selalu terlampaui dari yang ditetapkan, tetapi waktu penarikan pajaknya selalu melampaui batas waktu yang ditentukan yakni sekitar bulan September-Oktober sehingga biasanya dikenakan denda. Dengan adanya layanan perbankan dalam membayar PBB ini diharapkan masyarakat bisa terlayani dengan semakin mudah dan cepat. Ini juga memberikan efesiensi waktu dan tenaga,” ujar Ilham.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Makassar, Trisnode menyatakan pihak bank yang bekerjasama dengan Pemkot Makassar siap untuk memberikan pelayanan bagi seluruh wajib pajak dengan menggunakan sistem online. Seluruh jaringan perbankan mulai dari cabang hingga unit masing-masing bank telah menyiapkan loket khusus bagi wajib pajak yang ingin membayar kewajiban pajak PBB-nya. ” Dengan begitu pendatapan dari PBB bisa terus meningkat. Pada tahun 2012 lalu Makassar mencatat Rp 70 miliar dari PBB. Dan semoga pada tahun 2013 ini Pemkot Makassar menargetkan PBB sebesar Rp 77 miliar,” pungkasnya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya