Mengejar Adipura, Bukan Kerja Gampang

28 March 2013 06:42
Mengejar Adipura, Bukan Kerja Gampang
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

SEPERTINYA begitu banyak orang yang bicara seolah memandang enteng soal piala adipura. Sepertinya di pikiran mereka, piala adipura bisa diraih hanya dengan sekali membalik telapak tangan. Sesungguhnya tidaklah seperti itu. Apalagi dengan kondisi kota metropololitan seperti Makassar, untuk meraih piala adipura bukan perkara gampang. Bukan sekadar cerita kondo. Kerjanya tidak segampang yang orang kira. Oleh karena dalam mengemas kota Makassar untuk merebut piala adipura, belum didukung sepenuhnya oleh 1,5 juta warga di kota ini.

Ada sebuah pertanyaan panjang dan berliku ; kalau memang warga kota kita di Makassar sungguh-sungguh mendukung dalam perebutan piala adipura, mengapa di tengah kesibukan masyarakat kita masih begitu banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya ? Mengapa begitu banyak sampah yang dilempar ke kanal dan selokan ? Mengapa masih begitu sering orang melempar sampah seenaknya dari atas kendaraan ? Mengapa warga lebih suka melemparkan sampahnya di luar container ? Mengapa semua ini masih terjadi di Makassar.

Demikianlah pertanyaan panjang itu, yang sebenarnya telah menjadi bagian penting yang patut dicatat, mengapa Makassar begitu sulitnya meraih piala adipura.

Menyalahkan masyarakat secara sepihak di soal kesadaran akan kebersihan, tentulah juga akan menuai dosa. Untuk membangun kesadaran warga terhadap kebersihan, tentulah diperlukan program pemerintah kota yang efektif. Salah satunya ialah, menjalankan sanksi Perda Kebersihan yang selama ini sebenarnya sudah berlaku. Sanksi atas pelanggaran membuang sampah bukan pada tempatnya, sesungguhnya sudah diatur dengan Perda, namun sejauh ini terlihat memang belum diberlakukan ke masyarakat. Padahal sebenarnya, untuk membangun kesadaran orang, diperlukan pemberlakuan sanksi.

Ketika Malik B.Masry dulu jadi walikota, dia sempat mengejar seorang pengendara mobil lantaran melempar sampah keluar dari mobilnya di Jl.Bawakaraeng. Warga bersangkutan kemudian disidang di Pengadilan dan dikenakan denda. Kasus ini kemudian terpublikasi luas, lantas orang menjadi takut membuang sampah sembarangan. Hasilnya ialah, kota Makassar waktu itu tampil bangga sebagai penerima piala adipura.

Korelasi yang mesti tercipta dengan baik di tengah warga kita dalam membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan, memang diperlukan program kebersihan yang baik, contoh-contoh yang baik dapat ditunjukkan aparat dan pejabat Pemkot di tengah masyarakat, yang tak sebatas hanya dari kalangan Dinas Keindahan dan Pertamanan semata. Tapi seluruh aparat pemkot mesti memiliki kesadaran akan kebersihan yang dapat ditularkan kepada warga. Dengan begitu, warga bisa bercermin dan ikut serta merasa bertanggung jawab akan perlunya kebersihan kota. Sungguh perlu ditananamkan di lubuk hati setiap warga kota, bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Beranikan diri saja untuk berkata, bahwa warga yang memelihara kebersihan adalah warga yang tak beriman, agar mereka tersinggung lalu sadar akan begitu pentingnya kebersihan.

Soal kebersihan di Makassar, memang juga tak hanya bertumpu pada kesadaran warga dan contoh-contoh yang ditularkan para pejabat dan aparat pemkot. Ada satu hal yang patut menjadi catatan kaki, yakni soal ketersediaan armada sampah, yang sampai saat sepertinya sedang mengalami keterbatasan yang serius. Hal ini dapat terlihat pada tumpukan sampah yang berhari-hari tak terangkut. Ini adalah indikator yang mengisyaratkan betapa pemkot Makassar kekurangan armada angkutan sampah. Atau boleh jadi armadanya cukup tapi penggunaannya yang tak efektif. Atau mungkin SDM nya yang payah. Semua ini, kalau benar adanya, tentu akan menjadi bumerang sehingga sedemikian menyulitkan Makassar meraih piala adipura.

Mengatasi semua hal seperti ini, belum lagi soal kebersihan pasar, kanal, selokan, sekolah, kantor, ruas jalan, perumahan, dan lain-lain, sesungguhnya memang bukan kerja yang gampang. Sebab intinya, kita bisa meraih piala adipura bila kita semua dapat memelihara kebersihan secara berjamaah ***


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya