HTTP Status[404] Errno [0]

Dinas Damkar Bentuk Balakar Antisipasi Kebakaran

29 March 2013 02:05
Dinas Damkar Bentuk Balakar Antisipasi Kebakaran
Imran Samad
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar membentuk tim bantuan laskar kebakaran (Balakar) di 143 kelurahan yang ada di kota Makassar untuk mengantisipasi kebakaran serta memudahkan petugas menjangkau titik api.
“Tingkat kemacetan di Makassar sudah sangat tinggi dan bahkan di jalan-jalan kelurahan serta setapak juga sudah padat, makanya kami merencanakan pembentukan Balakar,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Imran Samad di Makassar, Rabu 27/3/13

Dasar pembentukan Balakar itu setelah melihat laju pertumbuhan kendaraan serta cukup lamanya armada kebakaran tiba di lokasi jika ada kebakaran yang terjadi.

Pembentukan Balakar di 143 kelurahan itu pula akan menambah kuat arus pelayanan bencana, meskipun sebelmunya sudah ada empat posko penanggulangan kebakaran di empat penjuru kota Makassar.

Keempat posko kebakaran itu diantaranya yang berada di wilayah Barat yakni Jalan Ratulangi yang menjadi posko induk, Jalan Pengayoman untuk menjangkau wilayah di timur serta selatan kota, sedangkan untuk utara berada Jalan AR Hakim serta di Jalan Kima untuk sebagian wilayah timur.

“Sebelumnya sudah ada empat posko dinas pemadam kebakaran yang mengcover empat penjuru Kota Makassar, tetapi itu juga belum cukup maksimal dan langkah pembentukan Balakar di 143 kelurahan itu semoga efektif,” katanya seperti dirilis Antara

Imran menjelaskan jika pembentukan itu masih sebatas rencana, tetapi dirinya akan memasukkan rencana tersebut dalam pembahasan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2013 yang rencana dilakukan pada bulan Agustus 2013.

“Hal tersebut sudah kami rencanakan untuk penanggulangan kebakaran di kota Makassar. Mudah-mudahan bisa masuk di APBD perubahan 2013 mendatang,” harap Imran yang juga kakak dari Ketua KPK Abraham Samad.

Ia menambahkan jika nantinya usulan tersebut disetujui di DPRD Makassar, pihaknya akan bergerak cepat untuk menambah peralatan berupa tabung Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan rompi anti api bagi tim Balakar di 143 kelurahan.

“Untuk anggarannya yang kami usulkan nanti tidak besar kok karena untuk satu APAR tidak terlalu mahal. Berdasarkan data untuk satu APAR dipasaran di jual berkisar Rp 180ribu hingga Rp1,2 juta dengan berat 3 kilogram,” imbuhnya.

Mantan Camat Rappocini ini mengaku akan memberikan pelatihan khusus kepada masyarakat ataupun pemuda yang bisa ditunjuk untuk menjadi tenaga lepas jika ada kebakaran di kelurahan (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya