HTTP Status[404] Errno [0]

2013, Pemkot Terapkan 100 Persen E-Lelang

02 April 2013 22:55
2013, Pemkot Terapkan 100 Persen E-Lelang
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah Kota Makassar mulai tahun ini secara murni akan menerapkan sistem Pengadaan Barang dan Jasa secara elektronik (E-Procurement).

Hal ini terungkap saat berlangsung Sosialisasi E-Lelang (E-Procurement), Selasa 2/4/13 di Hotel Asyura, Makassar.

“Kita sangat berharap penerapan 100 persen lelang elektronik ini betul – betul bisa mengelaminir segala tindakan yang berpotensi korupsi, kolusi dan nepotisme. Jadi prinsipnya adalah lahirnya azas transparansi dan efektifitas anggaran serta mencegah munculnya tindak korupsi dalam perencanaan dan penggunaan anggaran ” ujar Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat membuka sosialisasi ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD lingkup kota Makassar, serta narasumber yang berasal dari Lembaga kebijakan pengadaan barang indonesia.

Ilham berharap penerapan E-Lelang ini mampu diterapkan di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah melalu satu lembaga yakni LPSE dibawah koordinasi Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekkot Makassar dengan bantuan advis dari Lembaga Kajian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat.

” Tingkat efisiensi dari penerapan sistim E-lelang telah menunjukkan hasil yang baik. Meski pada tahun_tahun sebelumnya belum semua paket pekerjaan dilakukan dengan sistem ini, namun mampu mengefisienkan penyerapan anggaran. Seperti tahun 2012 dari 212 paket pekerjaan yang dilelang dengan Pagu anggaran Rp.175 M lebih, tingkat efisiensi yang diperoleh mencapai Rp.9,5M. Ini menunjukkan arah yang semakin baik,” ujar Ilham.

Dengan diterapkannya E-lelang pada 100 persen pengadaan barang jasa di pemkot Makassar, diharapkan tidak hanya efisiensi yang akan tercapai namun juga mampu melahirkan persaingan yang sehat antara pengusaha, tumbuhnya integritas pasar serta memperkuat sistem pengawasan pengadaan di lingkup pemerintah Kota Makassar.

Kesiapan pemkot untuk menerapkan sistem E-lelang ini juga telah ditunjukkan dengan melakukan berbagai pelatihan.
“Hingga saat ini operator yang kita didik untuk mengopersikan sistem ini dibekali dengan pelatihan yang telah mencapai 14 angkatan dengan jumlah personil 168 orang yang sudah bersertifikasi,” lanjut Ilham

Sementara kepala bagian Ekbang Sekkot, Alimuddin Tarawe, yang bertindak selaku ketua panitia sosialisasi menyatakan, semua kepala SKPD lingkup Pemkot dihadirkan untuk mengikuti sosialisasi penerapan E-lelang, dengan tujuan agar bisa memperluas sosialisasi hingga ke level terbawah karena sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari LKPP-RI.

“Rumusan dari kegiatan ini akan menjadi masukan/bahan bagi unit kerja yang nantinya akan terkait dengan kelancaran pelaksanaan dan penerapan di lapangan nantinya,” ujarnya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya