HTTP Status[404] Errno [0]

Pertimbangan KPU Perpanjang Jadwal Pendaftaran Caleg

02 April 2013 13:31
Pertimbangan KPU Perpanjang Jadwal Pendaftaran Caleg
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang jadwal pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) mulai 9-22 April 2013.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang jadwal pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) mulai 9-22 April 2013.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang jadwal pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) mulai 9-22 April 2013.

BugisPos — Perubahan tahapan dan jadwal pencalonan yang dibuat Komisi Pemilihan Umum(KPU) dari semula 9 sampai 15 April menjadi 9 sampai 22 April 2013 mendapat kritik keras karena dituding tidak profesional dan tidak memberi kepastian.

Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay mengakui ada alasan kenapa perubahan tahapan sampai memperpanjang jadwal itu terjadi. Ia tak memungkiri ada banyak faktor perubahan tahapan mau tidak mau harus dilakukan untuk jalannya pemilu lebih baik.

Salah satunya, kata Hadar, sebagaimana dirilis Tribun Timur.com, adalah pembentukan panitia PPK, PPS, dan Pantarlih di beberapa wilayah. Saat itu dibuat sudah dipikirkan tapi kenyataannya sampai waktu ditentukan tidak terlaksana karena dana pelaksanaan pemilu belum turun.

“Jadi kami belum terbentuk, sedangkan jadwalnya sudah habis tentu kita harus ubah jadwalnya,” ujar Hadar usai menerima dukungan Ansipol agar KPU tegas menjalankan Peraturan KPU soal syarat 30 persen keterwakilan perempuan, di KPU, Jakarta Senin (1/4/2013).

Faktor kedua, lanjut Hadar, tentang banyaknya perubahan tentang proses pencalonan. KPU melihat, baik bagi peserta pemilu maupun KPU ada jangka waktu yang terlalu sempit. Misalnya bagi calon anggota DPD yang harus kumpulkan dukungan sampai 5000 KTP.

Menurut KPU, jadwal yang diberikan kepada calon anggota DPD untuk memenuhi itu terlalu pendek. Sehingga pada akhirnya KPU memperpanjang satu minggu jadwal pendaftaran pencalonan dan membantah hal itu ditempuh untuk untungkan parpol tertentu.

“Parpol juga pasti senang dengan perpanjangan ini. Bisa dilihat partai mana yang serahkan antara tanggal 15-22 April. Jadi sama sekali tidak berpikir untuk kepentingan parpol. Lalu untuk perbaikan, kami berpikir apa iya mereka bisa perbaiki dalam jangka waktu pendek?,” ujarnya.

Terakhir, adalah persoalan sengketa parpol yang tak masuk peserta pemilu, lalu menempuh keberatan ke Bawaslu, PTTUN dan Mahkamah Agung. Belakangan diketahui untuk sengketa parpol ternyata memakan waktu yang cukup panjang.

“Makanya kita perpanjang sedikit untuk merespon itu. Memang ada yang tidak sinkron antara proses penyelesaian sengketa dengan tahapan pemilu,” terang Hadar lebih lanjut sambil menambahkan, pihaknya tidak bisa langsung membuka ke publik karena kesibukan.

Seperti diketahui, KPU sudah menetapkan tahapan penjadwalan daftar caleg dari 9-15 Maret 2013 lewat PKPU No 7 Tahun 2012. Kemudian diubah dengan PKPU No 6 Tahun 2013 sehingga jadwal tahapan berubah dari 9-22 Maret 2013. Disinyalir perubahan ini menguntungkan parpol tertentu. (gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya