HTTP Status[404] Errno [0]

Ritual Mattompang Arajang di Bone

04 April 2013 04:43
Ritual Mattompang Arajang di Bone
Bupati Bone, HAM Idris Galigo, saat prosesi pembersihan benda Kerajaan Bone.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Jelang peringatan hari jadi (HUT) ke-683 Kabupaten Bone, pada 6 April mendatang, sejumlah kegiatan digelar Pemkab Bone. Salah satunya, ritual adat Mattompang Arajang atau pembersihan benda pusaka Kerajaan Bone yang tersimpan di ruang penyimpanan benda pusaka (Arajang), tepatnya di samping rumah jabatan Bupati Bone, Rabu siang, 3/4/13
Adapun benda pusaka yang dibersihkan, diantaranya Sembangeng Pulaweng atau selempang emas, yang terbuat dari emas dan kedua ujungnya terdapat buah medali emas.

Selain itu, Kalewang La Tea Ri Duni yang sarung dan hulunya dilapisi emas, keris La Makkawa, baik sarung dan hulunya dilapisi emas, tombak La Salaga merupakan tombak yang di mana pada pegangan pada mata tombaknya dihiasi emas.

Bupati Bone, HAM Idris Galigo dalam sambutannya usai prosesi pembersihan benda kerajaan itu mengatakan, benda kerajaan tersebut disimpan di Arajang agar terjaga secara baik. Menurutnya, seperti dirilis fajar online, prosesi pembersihan itu dilakukan menjelang Hari Jadi Kabupaten Bone setiap tahunnya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya