HTTP Status[404] Errno [0]

Swiss Buka Konsulat di Makassar

12 April 2013 05:46
Swiss Buka Konsulat di Makassar
Heinz Walker
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah Swiss merencanakan untuk segera membangun kantor perwakilan mereka di kota Makassar. Pesatnya sektor ekonomi di kota Makassar menjadi salah satu alasan ketertarikan mereka untuk meningkatkan kontak bisnis antar negara.
“Kita ingin membangun kantor konsulat di makassar agar jalinan kerjasama antara pengusaha swiss dan Indonesia khususnya di Makassar semakin terjalin ” ujar Heinz Walker Nederkoorn, Duta Besar Swiss untuk Indonesia kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin di ruang kerja walikota Makassar, Kamis 11/4/13.

Menurut Heinz Walker, selain bertujuan untuk memperkuat kaki mereka di kawasan timur Indonesia, Pemerintah Swiss juga berkepentingan untuk membawa stimulus bagi perkembangan ekonomi Makassar, dan Indonesia Timur pada khususnya.

Dalam pertemuan dengan Ilham, terungkap bahwa pembangunan kantor konsulat Swiss di Makassar akan di lakukan pada pertengahan tahun ini.

” Kami bertemu Pak Walikota untuk meminta dukungan atas rencana pembangunan kantor konsulat pemerintah kami. Setelah dukungan dari Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel maka selanjutnya secara prosedural kami akan pulang membahas rencana ini dengan Kementerian luar negeri Swiss dan menyampaikan secara tertulis kepada pihak kemeterian luar negeri Indonesia. Jika tidak ada masalah, kami akan kembali ke Makassar untuk meresmikan gedung konsulat kami ” lanjutnya.

Selain Makassar, Pemerintah Swiss juga berniat membangun kantor serupa di kota Surabaya.
Sebelumnya, Swiss telah memiliki kantor konsulat di Jakarta dan Bali.

Dalam pembicaraan serius kedua pemimpin , terungkap jika pemerintah Swiss sangat memperhatikan gerak laju perkembangan ekonomi di kota Makassar dan sekitarnya.

” Kami tahu laju pertumbuhan ekonomi Makassar telah mencapai dikit hingga 9 persen lebih dan telah melampau pertumbuhan rata – rata nasional. Kami sebenarnya, selaku duta – duta asing selalu memperhatikan pertumbuhan ekonomi setiap kawasan, sehingga ketika ada konsulat dibangun oleh suatu negara, maka itu tidak lain karena ada denyut ekonomi yang besar di situ. Jadi ini nanti menjadi jembatan pengusaha – pengusaha dari Swiss untuk masuk ke kota ini begitu pula sebaliknya ” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin mengaku sangat merespon dan memberi apresiasi atas langkah maju yang dilakukan oleh pemerintah Swiss dengan membuka perwakilan di Makassar.

” Ini menandakan bahwa padangan Pemerintah Swiss terhadap pertumbuhan di Sulsel termasuk di kota Makassar sangatlah luar biasa. Apalagi memang sebelumnya sudah ada lembaga usaha dari Negara Swiss yang melakukan investasi disini, sebutlah misalnya. Nestle, termasuk pabrik pengolahan coklat. Sehingga kedepan, jika konsulat ini terwujud, akan mempermudah bagi pengusaha, baik bagi pengusaha indonesia yang menjalin kerjasama dengan pengusaha Swiss maupun sebaliknya ” jelas Ilham (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya